Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kendalikan Harga Daging Sapi, BKP Kementan Gelar Operasi Pasar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 30 Mei 2019, 12:35 WIB
Kendalikan Harga Daging Sapi, BKP Kementan Gelar Operasi Pasar
Operasi Pasar Daging/Net
rmol news logo Kementerian Pertanian gelar operasi pasar (OP) di sejumlah titik di ibukota. Tujuannya, untuk merespon kecenderungan bahan pokok di Jakarta terutama daging ayam, daging sapi dan telur yang naik.

“Upaya Kementan ini agar masyarakat dapat memperoleh daging sapi secara murah dan mudah utamanya di wilayah Jabodetabek," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Risfaheri yang ditemui di Jakarta, Rabu (28/5).

Jabodetabek dipilih karena wilayah ini paling berperan mengendalikan efek psikologis harga pasar di seluruh Indonesia.

"Wilayah ini sangat strategis dan mampu mempengaruhi harga secara nasional. Makanya kami lakukan OP di wilayah ini dulu," tambah Risfaheri.

Harga jual daging sapi yang  ditawarkan untuk OP adalah Rp 80.000/kg daging sapi beku yang dipasok dari beberapa importir seperti Indoguna Utama, Suri Nusantara Jaya, Global Berkat Sukses, Lentera Dunia, Cahaya Karya Indah, Clasic Fine Food, Sumber Alam, Beef Food Indonesia, Agro Bogo Utama, Bumi Maestro Ayu, Nuansa Alam Abadi, Anzindo Gratia Internasional dan Karya Mandiri Bersama.

“Rata-rata setiap importir akan memasok sebanyak 1 ton daging sapi ke masing-masing pasar,” jelasny.

Kegiatan OP daging sapi ini dilaksanakan pada tanggal 27 Mei sampai 4 Juni 2019 di 17 lokasi pasar Perumda Pasar Jaya yaitu, Pasar Kalibaru, Pasar Pluit, Pasar Cibubur, Pasar Ciplak, dan Pasar Klender,

Kemudian di Pasar Ujung Menteng, Pasar Tebet Barat, Pasar Rumput, Pasar Minggu, Pasar Santa, Pasar Lenteng Agung, Pasar Pasanggrahan, Pasar Cempaka Putih, Pasar Gondangdia, Pasar Senen, Pasar Petojo Ilir, dan Pasar Cengkareng.

Selain itu titik lokasi operasi pasar daging sapi dilaksanakan juga 35 lokasi Jakmart, Gerai, Mini DC, dan Jack Grosir.

"Melalui OP daging sapi, kami harap akan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan daging, terutama menjelang hari raya yang tinggal beberapa hari lagi," pungkas Risfaheri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA