Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Agro District, Transmigrasi akan Jadi Kawasan Elite

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 26 Januari 2015, 19:51 WIB
Lewat Agro District, Transmigrasi akan Jadi Kawasan Elite
rmol news logo Program transmigrasi ke depan akan menggunakan paradigma baru dengan konsep Agro District. Konsep yang akan dikembangkan dengan pendekatan arsitektur pola tata ruang pertanian modern ini dimaksudkan agar daerah transmigrasi menjadi kawasan elite.
 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar mencetuskan konsep Agro District karena tidak mau penyelenggaraan transmigrasi hanya sekadar menjadi program pengalihan penduduk dari daerah padat ke daerah yang masih sedikit penduduk.

Menurutnya, konsep tersebut akan bisa menjadi daya tarik baru program transmigrasi.

Nanti akan dikembangkan kawasan pertanian organik yang ramah lingkungan, dengan perilaku modern, dengan citra elite,” ujar Menteri Marwan dalam keterangan persnya (Senin, 26/1).

Perubahan konsep penyelenggaraan transmigrasi ini, juga menyesuaikan dengan perkembangan sosial ekonomi dunia di bidang teknologi pertanian.

Penyelenggaraan program transmigrasi harus menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat dunia tentang pelestarian lingkungan,” imbuhnya.

Paradigma baru transmigrasi, menurut Marwan, diharapkan bisa mengurangi kepadatan penduduk dan mengurangi angka pengangguran. Dengan menciptakan kawasan transmigrasi sebagai kawasan elit. Calon transmigran tidak perlu malu untuk mengikuti program transmigrasi,” tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA