Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SBY: Perubahan Dimungkinkan, Asal Tetap Pilkada Langsung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 21 Januari 2015, 05:44 WIB
SBY: Perubahan Dimungkinkan, Asal Tetap Pilkada Langsung
rmol news logo Seluruh fraksi di DPR memang menyetujui Perppu 1/2014 tentang Pilkada Langsung menjadi UU. Namun, disertai dengan sejumlah perubahan.

Mantan Presiden SBY mengaku tak ada masalah apabila sejumlah fraksi mengusulkan perbaikan atau perubahan-perubahan tertentu. (Baca: Inilah Beberapa Opsi Revisi UU Pilkada dari DPR)

"Bagi saya perubahan itu dimungkinkan. Tapi yang penting sistem pilkada langsung itu tidak boleh berubah," ungkap SBY melalui video yang diunggah di Youtube lalu disebarkan melalui akun twitternya, @SBYudhoyono, Selasa malam (20/1).

SBY juga tak menampik akan ditemukan sejumlah kesulitan apabila Perppu yang telah jadi UU itu langsung diterapkan untuk Pilkada langsung secara serentak. Makanya, tak menutup kemungkinan kalau ada perbaikan.

"Saya masih ingat Perppu ini sebenarnya saya serahkan ke DPR RI ketika saya masih menjadi Presiden RI, 3,5 bulan lalu. Karena baru sekarang diterima dan disetujui DPR RI tentunya dikaitkan dengan pilkada serentak pada bulan September tahun ini, saya pahami ada kesulitan teknis untuk penyiapannya," beber SBY.

"Kalau itu ingin dilakukan peninjauan kembali atau hal-hal seperti itu barang kali bisa saja diterima. Tapi yang penting prosesnya harus benar. Kemudian merupakan suara dari DPR sendiri semuanya, sambil sungguh mendengarkan aspirasi rakyat," sambungnya.

Karena sekali lagi, dia mengingatkan, rakyat ingin pemilihan umum termasuk pilkada yang selama ini telah berada tingkatan yang baik bisa dibikin lebih baik lagi. "(Hal ini, red) untuk kepentingan demokrasi dan untuk kepentingan saudara-saudara kita rakyat Indonesia," demikian SBY. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA