Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Banyak Kapal Pencuri Ikan Ditenggelamkan Masa SBY, Tapi Tidak Diekspos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 19 Desember 2014, 07:59 WIB
Banyak Kapal Pencuri Ikan Ditenggelamkan Masa SBY, Tapi Tidak Diekspos
sby
rmol news logo Pasa masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, sudah banyak kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan. Namun memang tidak begitu diekspos oleh media massa.

"Karena harus sangat rahasia," jelas mantan Dirjen Pengawasan Sumber Daya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aji Sularso, dalam dialog di Metro TV pagi ini.

Karena, dia menjelaskan, jangan sampai informasi dan mafia ikan bisa mengendus modus operandi yang dijalankan. Makanya, aksi penenggelaman harus dilakukan pada malam hari dan radar tidak boleh diaktifkan.

Karena itu, dia membantah, Presiden saat itu, SBY tidak mendukung atau melarang kapal pencuri ikan ditenggelamkan. "Perintah untuk menenggelamkan kewenangan penyidik bukan dari presiden. Penyidik yang punya diskresi," tegasnya.

Dia menegaskan kembali penenggelaman kapal itu mestinya tidak perlu diperdebatkan lagi. "Ini memusnahkan alat untuk melakukan kejahatan. Jadi kenapa harus diperdebatkan," ungkapnya.

Namun, dia mengakui pada masanya, tidak semua kapal ikan pencuri ikan ditenggelamkan. Berbeda dengan kapal yang jelek, kapal yang masih bagus bisa dimiliki negara. "Jadi harus cerdas juga," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA