Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerindra dan Golkar Diminta Usung Sultan Tidore di Pilgub Malut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 05 Agustus 2024, 14:14 WIB
Gerindra dan Golkar Diminta Usung Sultan Tidore di Pilgub Malut
Sultan Tidore Husain Alting Sjah/Ist
rmol news logo Relawan Prabowo Subianto, Pandawa Lima 'Bima' Provinsi Maluku Utara, minta kepada Partai Gerindra untuk mengusung Sultan Tidore Husain Alting Sjah sebagai calon Gubernur Maluku Utara (Malut).

Ketua Pandawa Lima Bima,  Rahmad Amin mengatakan, Sultan Tidore adalah sosok karismatik dan berintegritas, yang menjadi teladan bagi banyak orang di Maluku Utara. 

Sultan juga punya gagasan besar yang didukung dengan pengalaman sebagai anggota DPD RI, termasuk birokrat di Kota Ternate dan Tidore, diyakini menjadi solusi untuk kemajuan Maluku Utara.

"Selain itu, Pak Sultan punya basis kultural di wilayah kesultanan, mulai dari kesultanan Tidore, Ternate, Jailolo, Bacan hingga di daratan Halmahera," kata Rahmad dalam keterangan kepada wartawan, Senin (5/8). 

Sementara Aliong Mus, sambung ia, sebagai bupati dua periode di Pulau Taliabu sekaligus mantan anggota DPRD Provinsi Maluku Utara, tepat berpasangan dengan Sultan Tidore. 

"Keduanya datang dari latar belakang wilayah yang berbeda, jika berpasangan dalam Pilgub Maluku Utara ini, maka dipastikan punya peluang besar untuk menang," ujarnya. 

Apalagi, selama ini apa yang dilakukan dan perjuangkan Sultan Tidore sejalan dengan visi Gerindra dan program Prabowo yang akan datang. Begitu pula Aliong Mus, salah satu kader Golkar, partai pengusung presiden terpilih. 

"Karena itu, ketika keduanya berpasangan dan terpilih, program mereka akan sinkron dengan program Prabawa ke depan," tandasnya. 

Sementara itu, akademisi STKIP Kie Raha (sekarang ISDIK) Ternate, M. Iksan B. Aly juga menilai, Husain Alting Sjah dan Aliong Mus sebagai pasangan tepat yang harus diusung sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Malut.

"Kalau Pak Sultan dan Aliong berpasangan, bisa menang telak. Karena Aliong sudah punya basis suara besar di Sula dan Taliabu. Ditambah basis Golkar seperti di Halmahera Utara. Sementara, Sultan punya basis masyarakat kultural di Maluku Utara," kata mantan ketua Pemuda Kelurahan Sasa itu.

Apalagi, tambah ia, sesuai hasil indikator di akhir Mei 2024, elektabilitas Sultan Tidore terbilang tinggi di angka 10,5 persen. Bahkan hasil hasil survey LSI, naik lagi di angka 17-18 persen. Sedangkan Aliong Mus, hasil survei Indikator dan LSI belum menembus di angka 5 persen.

"Bagitu juga Sahril Taher, Surveynya masih di bawah sebagai Calon Wakil Gubernur. Karena itu, kalau paket Aliong-Sahril, tidak kuat. Elektabilitas mereka rendah. Jika mau menang, harus paket Sultan-Aliong," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA