Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Influencer Tidak Mungkin Bisa Tarik Investor Asing, Jokowi hanya Buang Waktu dan Uang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 30 Juli 2024, 07:43 WIB
Influencer Tidak Mungkin Bisa Tarik Investor Asing, Jokowi hanya Buang Waktu dan Uang
Presiden Joko Widodo membawa rombongan influencer ke IKN Nusantara/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianggap hanya buang-buang waktu dan uang negara karena influencer tidak mungkin dapat menarik investor asing untuk berinvestasi dalam proyek Ibukota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur (Kaltim).

Begitu yang disampaikan Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, merespon soal Presiden Jokowi yang membawa rombongan influencer ke IKN.

"Yang diajak itu kan influencer lokal, bagaimana mau menjual ke dunia internasional? Jokowi salah sasaran dalam hal ini. Mereka juga tidak mungkin gratis, pasti berbayar," kata Saiful kepada RMOL, Selasa (30/7).

Menurut Saiful, tidak mungkin influencer dapat menarik investor asing untuk berinvestasi di IKN karena influencer dampaknya hanya kepada sebagian rakyat Indonesia. 

Bahkan, hal itu juga kurang baik dengan memanfaatkan influencer untuk mempromosikan bangunan kenegaraan, karena terkesan main-main dan tidak serius.

"Jadi yang dilakukan oleh Jokowi hanya buang-buang waktu dan uang. Mestinya jika ingin menarik investor, Jokowi misalnya ajak kepala-kepala negara ke IKN, atau misalnya ajak pengusaha internasional ke IKN, bukan influencer," pungkas Saiful. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA