Anggota Komisi E itu menyoroti kurangnya penerapan prinsip hospitality atau keramahan dalam pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Seperti yang ditemukannya saat sidak ke RSUD Tarakan dan RSUD Pesanggrahan.
Saat sidak ke dua RSUD tersebut pada pertengahan Juni kemarin, menemukan banyak keluhan dari pasien dan keluarga pasien mengenai sikap dan pelayanan petugas kesehatan yang dianggap kurang ramah.
"Pelayanan kesehatan adalah salah satu aspek yang sangat krusial bagi kesejahteraan masyarakat. Sayangnya, saya menerima banyak laporan bahwa keramahan dan profesionalisme petugas kesehatan masih belum memadai," ujar Sutikno lewat keterangan resminya, Kamis (18/7).
Dia menambahkan, pelayanan kesehatan yang baik bukan hanya tentang kemampuan medis, tetapi juga tentang bagaimana petugas kesehatan berinteraksi dengan pasien.
"Hospitality dalam pelayanan kesehatan sangat penting. Pasien harus merasa nyaman dan dihargai, bukan hanya sebagai objek perawatan, tetapi sebagai manusia yang membutuhkan perhatian dan empati," tegasnya.
Sutikno pun mendesak kepada pihak manajemen RSUD untuk segera melakukan evaluasi dan peningkatan kualitas pelayanan, khususnya dalam hal keramahan dan interaksi dengan pasien.
"Kami di DPRD DKI Jakarta akan terus memantau perkembangan ini dan memastikan bahwa setiap warga Jakarta mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermartabat," pungkasnya.
BERITA TERKAIT: