Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Coklit di Jakarta Sudah Mencapai 5 Juta Lebih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 08 Juli 2024, 01:00 WIB
Coklit di Jakarta Sudah Mencapai 5 Juta Lebih
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta/Ist
rmol news logo Pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah mencapai 5 juta lebih jiwa atau sekitar 61,63% dari total Daftar Pemilih Sementara (DPS). Data tersebut berasal dari lima kota dan satu kabupaten administrasi.

"Capaian ini berkat peran Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) yang sudah bekerja dengan penuh tanggungjawab untuk Pilkada 2024," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah dalam keterangannya, Minggu (7/7).

Fahmi mengatakan, hingga Minggu (7/7) Pantarlih telah  melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) kepada 5.183.198 DPS yang tersebar di Jakarta Utara, Selatan, Barat, Timur, Pusat, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Menurut Fahmi, untuk DPS pada Pilkada 2024 di Jakarta tercatat sebanyak 8.315.669 jiwa.

Menurut Fahmi, kegiatan coklit yang dilakukan oleh para petugas sangat penting, karena dari data merekalah yang digunakan KPU dalam mengambil keputusan baik untuk masalah logistik, dan persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 lainnya.

Untuk itu, dalam rangka memastikan dan melakukan supervisi kepada petugas Pantarlih agar melakukan coklit sesuai prosedur yang ada, maka Fahmi dan tim terus memonitor pergerakan para petugas.

"Saat ini pantarlih seluruh DKI Jakarta sudah melakukan coklit sebanyak 61,63 persen," kata Fahmi.

Fahmi menambahkan, pada Sabtu (6/7) Pantarlih telah melakukan coklit data pemilih kepada Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang bertempat di Duren Sawit, Jakarta Timur.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA