Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Sulut 2024

Elektabilitas Jan Maringka Ditempel Tipis Elly Lasut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 05 Juli 2024, 14:41 WIB
Elektabilitas Jan Maringka Ditempel Tipis Elly Lasut
Mantan Calon Legislatif (Caleg) Partai Perindo Jan Samuel Maringka/Net
rmol news logo Elektabilitas mantan Calon Legislatif (Caleg) Partai Perindo Jan Samuel Maringka menjadi yang tertinggi dalam bursa calon gubernur menjelang Pilkada Sulawesi Utara 2024.

Direktur Eksekutif WRC Hilman Firmansyah mengatakan, elektabilitas Jan Samuel Maringka mulai disusul tipis Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut.

Tingkat elektabilitas itu, disampaikan Hilman Firmansyah dalam rilis survei terbaru WRC yang mengukur tingkat elektabilitas figur yang akan bertarung pada Pilkada Sulut.

"Jan Maringka diapresiasi positif dalam pilihan top of mind dengan elektabilitas 24,7 persen, hanya berselisih 1,1 persen dengan Elly Lasut yang memperoleh 25,8 persen," ujar Hilman dalam keterangan tertulis, Jumat (5/7).

Tokoh lainnya, kata Hilman, ada Steven Kandau menyusul (15,8 persen), Yulius Komaling (5,1 persen), Tetty Paruntu (3,2 persen), Carlo Tewu (2,4 persen), dan tokoh lainnya di bawah 2 persen.

Lanjut Hilman, WRC juga melakukan simulasi pilkada dengan pertanyaan tertutup, untuk menentukan tingkat keterpilihan nama-nama bakal calon gubernur Sulawesi Utara.

"Hasilnya, Jan Maringka dipilih sebanyak 27,3 persen, beda tipis dengan Elly Lasut yang dipilih sebanyak 27,1 persen," tuturnya.

Tingkat keterpilihan Steven Kandau 14,3 persen, Tetty Paruntu 6,2 persen, Yulius Komaling 5,1 persen, Tatong Bara 4,2 persen, Carlo Tewu 2,1 persen, dan responden tidak memilih 13,7 persen.

Survei ini dilakukan pada 23 Juni hingga 3 Juli 2024 terhadap 1.200 responden. Wawancara dilakukan secara tatap muka, dengan menggunakan kuesioner.

Adapun margin of error survei sebesar 2,83 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA