Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wamendag: Kebijakan Proteksionis Idealnya untuk Industri Kompetitif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 20 Mei 2024, 22:33 WIB
Wamendag: Kebijakan Proteksionis Idealnya untuk Industri Kompetitif
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga/Net
rmol news logo Proteksi terhadap industri domestik adalah keharusan dan sangat penting, khususnya terhadap industri yang kompetitif.

Hal sebaliknya, terhadap industri yang tidak kompetitif yang mengakibatkan biaya tinggi secara ekonomi tidak perlu lagi diproteksi.

"Justru dengan kita memacu industri domestik untuk lebih kompetitif maka industri kita akan dapat bersaing dan dapat meningkatkan kualitas dari industri itu sendiri," kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, Senin (20/5).

"Persaingan menjadikan kita lebih baik, terutama produk-produk lokal kita," sambungnya.

Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) ini mengatakan, proteksi berlebihan terhadap industri domestik yang tidak kompetitif bisa membuat proses negosiasi perjanjian dagang di tingkat internasional menjadi lebih sulit.

"Mungkin ini momen yang tepat untuk kita mencoba mengkaji kembali proporsionalitas dan objektifitas dari kebijakan yang terlalu proteksionis terhadap industri yang tidak kompetitif," kata Jerry.

Dengan adanya keterbukaan, tambah Jerry, mau tidak mau industri akan menjadi kompetitif karena interaksi antar negara sekarang sudah tidak dibatasi, cepat dan dinamis.

"Dengan fenomena ini, mau tidak mau industri kita akan semakin “dipaksa” menjadi lebih kompetitif," demikian Jerry. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA