Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Lakukan Pengawasan Melekat Penyerahan Dokumen Bacalon Perseorangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 13 Mei 2024, 14:20 WIB
Bawaslu Lakukan Pengawasan Melekat Penyerahan Dokumen Bacalon Perseorangan
Anggota Bawaslu RI Puadi/RMOL
rmol news logo Pengawasan melekat diterapkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), terhadap tahapan penyerahan dokumen persyaratan bakal calon (bacalon) kepala daerah perseorangan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu RI Puadi, saat ditemui di Gedung Kantor Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (13/5).

"Pengawasan melekat kita minta pada jajaran kita untuk fokus (mengawasi penyerahan dokumen persyaratan bacalon kepala daerah perseorangan pada Pilkada Serentak 2024)," ujar Puadi.

Dia mengatakan, saat ini Bawaslu tengah menyusun regulasi pengawasan tahapan Pilkada Serentak 2024. Bahkan, penyusun dilakukan secara koordinatif dengan beberapa institusi negara terkait.

Pasalnya, Puadi menyebutkan pola penanganan dugaan pelanggaran oleh Bawaslu tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga ada yang berupa tindak pidana pemilihan yang dilakukan bersama Polisi dan Kejaksaan.

"Jadi kita sedang menyiapkan regulasi untuk peraturan bersama antara kepolisian dan kejaksaan. Dan ini pun akan saya sampaikan di Rakernis Bareskrim Polri nanti di Bali hari Rabu (15/5), supaya lebih fokus pengawasannya," demikian Puadi menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA