Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Siap Hadapi Sengketa Hasil Pemilu di MK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 19 Maret 2024, 15:28 WIB
Bawaslu Siap Hadapi Sengketa Hasil Pemilu di MK
Anggota Bawaslu RI Totok Hariyono/RMOL
rmol news logo Sengketa atau perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), sudah siap dihadapi Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI).

Anggota Bawaslu RI Totok Hariyono menjelaskan, pihaknya telah memastikan kesiapan jajaran daerah menghadapi PHPU 2024 di MK.

Salah satu yang dikerjakan jajaran Bawaslu pusat dan daerah menghadapi PHPU, disebutkan Totok adalah mengumpulkan laporan hasil pengawasan (LHP).

"Jadi dari sekarang, mulai kumpulkan LHP yang bersumber dari Form A, temuan Bawaslu, aduan masyarakat, hingga imbauan kepada peserta pemilu selama pra, kampanye, hingga hari tenang," ujar Totok kepada wartawan, Selasa (19/3).

Dia mengungkapkan, dalam menyusun LHP jajaran Bawaslu RI memisahkan antara pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg).

Bahkan, Totok yang bertindak sebagai Koordinator Divisi Sengketa dan Hukum Bawaslu RI menegaskan, ada satu aspek dugaan pelanggaran yang disorot jajarannya, agar tidak luput disiapkan data-datanya.

"Jadi penyusunan LHP untuk sidang PHPU nanti, dipisah pilpres dan pileg. Terutama disoroti apabila ada kejadian khusus terkait TSM (Terstruktur, Sistematis, Masif)," urainya.

Maka dari itu, Totok memastikan jajaran daerah untuk menyiapkan seluruh data secara saksama, supaya ketika bertindak sebagai pihak terkait dalam perkara PHPU sudah datang dengan data yang lengkap.

"Saya ingin melihat kesiapan teman-teman Bawaslu jelang PHPU di MK," demikian Totok menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA