Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kecurangan Pemilu di Jaksel dan Jaktim Diduga Libatkan Oknum Komisioner KPU DKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 10 Maret 2024, 12:03 WIB
Kecurangan Pemilu di Jaksel dan Jaktim Diduga Libatkan Oknum Komisioner KPU DKI
Pemilu Legislatif/Net
rmol news logo Koordinator saksi dari Partai Golkar Rudy Darmawanto membeberkan dugaan permainan kotor dan manipulasi suara di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang terindikasi melibatkan oknum Komisioner KPU DKI Jakarta.

Rudy menyampaikan adanya persekongkolan jahat oleh penyelenggara pemilu, di mana beberapa wilayah tidak mengadakan Pemutakhiran Data Pemilih (PSU) meskipun terdapat bukti KTP orang luar yang masuk ke dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mendapatkan lebih dari satu surat suara.

Salah satu contoh kasus terjadi di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, khususnya di Petukangan Utara, di mana TPS 156 sampai 159 dilaporkan mengalami mutasi orang yang mendapatkan empat surat suara.

Dalam konteks ini, Rudy menyoroti keterlibatan oknum komisioner KPU DKI Jakarta dalam dugaan manipulasi dan kecurangan.

"Oknum KPU itu juga diduga terlibat dalam persoalan di PPK dan PPS di wilayah Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Pesanggrahan, dan beberapa tempat lainnya," kata Rudy dalam keterangannya, Minggu (10/3).

Rudy menekankan pentingnya perhatian dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terhadap pengungkapan kasus ini.

Rudy mengaku akan memberikan bukti-bukti sebagai saksi fakta terhadap keterlibatan oknum komisioner KPU DKI Jakarta dan PPK di Jakarta Selatan dan di Jakarta Timur.

"Masalah ini perlu diselesaikan dengan serius untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem demokrasi di Indonesia, terutama menjelang pemilihan umum berikutnya," tutup Rudy.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA