Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Silaturahmi ke Ponpes Darun Najah Malang, Atikoh: Didik Anak ke Pesantren Berkah Luar Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Minggu, 28 Januari 2024, 00:41 WIB
Silaturahmi ke Ponpes Darun Najah Malang, Atikoh: Didik Anak ke Pesantren Berkah Luar Biasa
Siti Atikoh mengunjungi Pondok Pesantren Darun Najah, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/1)/RMOL
rmol news logo Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, melanjutkan silaturahminya ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darun Najah, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Sabtu sore (27/1).

Kedatangan Atikoh pun disambut hangat oleh para pengasuh Ponpes Darrun Najah. Tampak ratusan santri dan santriwati juga menyambut kedatangan Atikoh yang akan mengikuti istighosah dan doa bersama di Ponpes tersebut.

Atikoh yang merupakan cucu dari pendiri Pondok Pesantren PP Riyadus Sholikhin Kalijaran, KH Hisyam A Karim, itu merasa takjub dengan suasana di Ponpes yang didirikan oleh KH Achmad Muchtar Ghozali tersebut.

"Saya tadi diceritain bu Nyai, tentang perjuangan beliau (KH Achmad Muchtar Ghozali) mulai mendirikan Ponpes Darun Najah. Benar-benar beliau pendirinya dari tangan pertama sehingga bisa berdiri megah seperti ini," ucap Atikoh mengawali sambutannya.

Atikoh mengatakan, dunia pendidikan, khususnya yang berbasis pesantren, layaknya kawah candradimuka. Pasalnya, pesantren tak hanya mendidik santrinya tentang pelajaran agama semata, tapi juga pembentukan karakter hingga pelajaran sekolah pada umumnya.

"Karena pendidikan kepesantrenan adalah kawan candradimuka untuk pembentukan akhlak, ilmu-ilmu yang berkaitan dengan akhirat dan tentu saja juga ilmu duniawi. Sehingga bisa seimbang semuanya," ujar Atikoh.

Atikoh yang juga pernah mengenyam pendidikan pesantren itu, menuturkan bahwa proses kegiatan belajar mengajar di pesantren menjadikan seorang anak mampu bertoleransi dengan rekan sejawatnya.

Oleh karena itu, bagi para orang tua yang menyekolahkan anaknya ke pesantren, menurut Atikoh, adalah anugerah yang luar biasa.

"Di sini juga terbentuk bagaimana anak-anak itu bisa bertoleransi. Karena saudaranya jadi banyak sekali. Jadi tentu para alumni sudah banyak memahami dan orang tua yang menitipkan anaknya di pendidikan pesantren itu tentu merupakan suatu keberkahan, anugerah yang luar biasa," demikian Atikoh. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA