Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak Buah Megawati Ungkap 3 Alasan Ibu Kota Pindah ke IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 26 Januari 2024, 06:23 WIB
Anak Buah Megawati Ungkap 3 Alasan Ibu Kota Pindah ke IKN
Anggota DPRD DKI Jakarta asal PDIP Hardiyanto Kenneth/Ist
rmol news logo Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth yang juga Ketua Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 2021 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI menjelaskan alasan pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Hal itu diungkapkan Kenneth kepada siswa Lemhannas RI PPRA 66 2024 yang berkunjung ke gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (25/1).

“Asal mulanya kita bisa pindah karena berdasarkan kajian, Jakarta ini kan tanahnya makin turun permukaannya. Kemudian juga sudah semakin padat (penduduk), jadi harus ada solusi. Makanya, ibu kota dipindahkan ke IKN (Ibu Kota Nusantara). Ini juga impian dari Bung Karno. Proklamator kita memang ingin memindahkan ibu kota ke Kalimantan,” kata politikus PDIP ini.

Setelah tak lagi menyandang status ibu kota negara, sambung Kenneth, Jakarta akan menjadi kota bisnis berskala global. Tak ubahnya seperti Sydney di Australia.

“Jakarta mungkin kayak Australia. Jakarta menjadi (seperti) Sydney. Sydney kan before-nya kan capitalnya Australia,” kata anak buah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini.

Saat ini, tambah dia, Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneruskan dan mewujudkan impian Presiden RI Soekarno untuk memindahkan ibu kota.

Pada saat bersamaan, pemerintah juga menyiapkan regulasi yang diperlukan untuk Jakarta sebagai kota dengan kekhususan lain.  

“Nah Pak Presiden Jokowi itu meneruskan apa yang menjadi impian Presiden Bung Karno,” pungkas Kenneth. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA