Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wacana Kenaikan Pajak Motor BBM, Jubir Luhut: Tidak Dalam Waktu Dekat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 19 Januari 2024, 20:47 WIB
Wacana Kenaikan Pajak Motor BBM, Jubir Luhut: Tidak Dalam Waktu Dekat
Ilustrasi/Net
rmol news logo Rencana Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk menaikkan pajak sepeda motor berbahan bakar bensin, tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Begitu yang disampaikan Jurubicara Menko Marves, Jodi Mahardi dalam klarifikasinya pada Jumat (19/1), dengan mengatakan bahwa hal itu sebagai upaya memperbaiki kualitas udara di Jabodetabek.

"Pak Menko (Luhut) kemarin bukan berbicara soal menaikkan pajak sepeda motor dalam waktu dekat. Itu adalah wacana dalam rangkaian upaya perbaikan kualitas udara di Jabodetabek," ujar anak buah Luhut itu.

Jodi mengatakan usulan tersebut muncul sebagai bentuk sanksi tambahan untuk para pengguna kendaraan non-listrik, maka pemerintah berencana mempersulit penggunaan kendaraan pribadi, sehingga masyarakat terdorong menggunakan angkutan umum.

Di samping itu, saat ini pemerintah dikabarkan juga sedang membahas skema insentif seperti diskon transportasi umum untuk mendorong masyarakat menggunakan kendaraan tersebut.

"Jadi itulah yang dimaksud oleh Pak Menko (Luhut). Tidak ada rencana untuk menaikkan pajak kendaraan bermotor dalam waktu dekat," tegasnya.

Adapun Luhut mengatakan bahwa usulan tersebut bakal dibawa ke rapat terbatas bersama presiden untuk pembahasan lebih lanjut mengenai regulasi pajak sepeda motor non listrik.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA