Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penuhi Wasiat Ingin Jadi Rakyat Biasa, Pemakaman Rizal Ramli Tanpa Upacara Kenegaraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 04 Januari 2024, 18:45 WIB
Penuhi Wasiat Ingin Jadi Rakyat Biasa, Pemakaman Rizal Ramli Tanpa Upacara Kenegaraan
Jurubicara Keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang/RMOL
rmol news logo Mendiang begawan ekonomi Dr Rizal Ramli memberikan wasiat agar tidak menggunakan prosesi pemakaman kenegaraan. Meskipun, almarhum pernah menjabat sebagai Menko Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Menko Kemaritiman pada era Presiden Joko Widodo.

Wasiat itu diungkapkan Jurubicara Keluarga, Yosef Sampurna Nggarang kepada wartawan seusai prosesi pemakaman almarhum Rizal Ramli di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis sore (4/1).

“Tidak dimakamkan secara kenegaraan meskipun beliau pejabat, karena itu memang wasiat beliau,” ungkap Yos Nggarang.

Yos Nggarang mengatakan, almarhum bahkan tidak mau mengisi formulir pensiunan menteri supaya kelak prosesi pemakaman dilakukan secara kenegaraan. Sebab, sang “Rajawali Ngepret” itu ingin tetap menjadi rakyat biasa.

“Karena dia lebih dekat dengan semua orang, dengan rakyat dan lain-lain. Saya buka di sini, bahwa beliau juga menolak ketika disodorkan form untuk pensiun sebagai menteri dulu, dia menolak itu semua,” tuturnya.

“Karena dia bilang bahwa jabatan itu hanya amanah,” imbuhnya.

Meski demikian, Yos Nggarang menyebut bahwa almarhum tetap menghormati peran negara terhadap para mantan pejabat tinggi negara. Hanya saja, almarhum enggan merepotkan banyak pihak termasuk negara.

“Dari negara juga memberi peran tapi kami berterima kasih atas nama keluarga. Jadi, hari ini betul-betul Rizal Ramli hanya di rumah dia menjadi milik keluarga, tapi di luar rumah menjadi milik kita semua, menjadi kawan Bang Rizal Ramli,” demikian Yos Nggarang. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA