Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Dampak Positif Prakerja Seluas Nusantara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 05 Desember 2023, 18:39 WIB
Menko Airlangga: Dampak Positif Prakerja Seluas Nusantara
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam acara Cangkrukan Bareng Menko Perekonomian, di Surakarta, Selasa (5/12)/Ist
rmol news logo Prakerja telah terbukti menjadi program efektif dalam mencetak keterampilan angkatan kerja Indonesia masa depan.

Dalam tiga tahun terakhir, program yang awalnya bernama Kartu Prakerja ini telah menjawab tiga poin persiapan keterampilan angkatan kerja dalam negeri, yakni skill-first policies, yaitu fokus pada keterampilan bukan gelar, mendukung cara kerja hybrid, dan mengembangkan keterampilan Artificial Intelligence (AI).

“Inilah wujud public-private partnerships sesungguhnya yang terukur dan masif, memberi dampak seluas nusantara,” ujar Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto saat acara Cangkrukan Bareng Menko Perekonomian, di Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (5/12).

Dalam mewujudkan public-private partnerships, prakerja bekerja sama dengan berbagai mitra lembaga pelatihan. Menko Airlangga juga

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga mengajak bicara beberapa pemilik lembaga pelatihan yang ada di Surakarta dan sudah bekerja sama dengan Prakerja.

Salah satunya yakni LPK Dian Nusantara Surakarta yang menyediakan program pelatihan daring di bidang teknologi informasi, mulai dari digital marketing, desain website, dan aplikasi perkantoran seperti MS Word, Excel, Powerpoint. Pada 2022 lalu jumlah peserta pelatihannya mencapai 73 ribu orang.

Salah satu peserta yang diajak berdialog bernama Rofi. Pria yang mempunyai usaha servis laptop itu sudah mendaftar Prakerja sebanyak tiga kali, dan baru lolos pada gelombang 54. Dia mengakui setelah mengikuti Prakerja, informasi tentang usahanya semakin meningkat mesin pencarian daring maupun media sosial.

“Saya sudah ikut Prakerja, dan usaha saya makin meningkat. Kalau cari di Google keyword servis laptop Solo akan muncul nama usaha saya yakni BK Computer Solo. Saya masih ada keinginan untuk makin besarkan usaha saya lagi,” kata Rofi. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA