Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Minta Relawan Proaktif Pantau Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 27 November 2023, 16:46 WIB
Bawaslu Minta Relawan Proaktif Pantau Pemilu 2024
Anggota Bawaslu, Totok Hariyono di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11)/RMOL
rmol news logo Relawan diminta ikut serta mencegah dan melaporkan kecurangan Pemilu 2024 di lapangan. Jika menemukan indikasi kecurangan, relawan bisa melapor dengan mengikuti tahapan dan proses pelaporan yang berlaku.

Hal itu disampaikan anggota Bawaslu, Totok Hariyono saat menjadi narasumber dalam rangkaian Rakornas Relawan Ganjar-Mahfud se-Pulau Jawa yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (27/11).

"Supaya ke depan tidak ada pelanggaran Pemilu yang penuh pelanggaran. Kita inginkan hasil Pemilu yang legitimate, terpercaya," kata Totok.

Totok menilai, setiap tahapan Pemilu harus diwarnai kejujuran dan keadilan. Hal itu sesuai amanat pendiri bangsa Bung Karno yang sejak di pengasingan di Pulau Bangka pada 1949 sudah menyatakan bahwa perlu dibuat badan yang mengawasi Pemilu.

"Jadi, Bung Karno mengatakan untuk Pemilu itu sudah ada badan yang mengawasi, suatu organisasi yang mengawasi penyelenggara Pemilu,” tuturnya.

Lebih lanjut, Totok menegaskan bahwa pihaknya sudah mempunyai desain dan strategi untuk memantau dan mengawasi jalannya Pemilu 2024 agar berlangsung adil.

“Tentu kita punya desain dan strategi bagaimana Pemilu ke depan berlangsung sesuai asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA