Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangkal Hoax Pemilu, Bawaslu Perkuat Literasi Digital Kelompok Muda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 29 Juli 2023, 13:12 WIB
Tangkal <i>Hoax</i> Pemilu, Bawaslu Perkuat Literasi Digital Kelompok Muda
Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda (kanan)/Ist
rmol news logo Permasalahan berita bohong atau hoax dalam Pemilu, coba diatasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui p

RMOL. Penguatan literasi digital kelompok muda dipilih Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai upaya menangkal permasalahan berita bohong atau hoax dalam Pemilu.

Anggota Bawaslu RI Herwyn JH Malonda menjelaskan, pihaknya mengajak kelompok muda meningkatkan kemampuan literasi digital untuk menangkal hoax dan informasi yang mengandung ujaran kebencian.

Sebab menurutnya, kelompok muda merupakan aktor utama dalam penyebaran informasi di media digital, dan berperan penting mengawal pemberantasan hoax.

"Bawaslu terus merangkul para generasi muda untuk meningkatkan kemampuan literasi digital, yang dapat memisahkan berita akurat yang sesuai fakta dan mana yang berita hoax," ujar Herwyn dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/7).

Penguatan literasi digital bagi kelompok masyarakat juga dibangun dalam kerja sama Bawaslu dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Implementasi dari MoU tersebut, Bawaslu dan Kominfo melakukan dua hal pokok, yakni literasi digital dan penanganan konten negatif di media sosial.

Selain penguatan literasi digital kelompok muda, Herwyn memastikan tugas dan fungsi Bawaslu bakal menganalisis informasi kategori pelanggaran sebagaimana mengacu Pasal 280 UU 7/2017 tentang Pemilu.

"Mana kebebasan berekspresi, lalu mana konten negatif atau hoax yang dapat merusak kredibilitas penyelenggaraan pemilu," tutup Herwyn. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA