Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penyelenggaraan Haji Banyak Masalah, Menag Yaqut Harus Dievaluasi Total

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 04 Juli 2023, 10:59 WIB
Penyelenggaraan Haji Banyak Masalah, Menag Yaqut Harus Dievaluasi Total
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas/Net
rmol news logo Kinerja Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama RI perlu dievaluasi secara total buntut banyaknya masalah dalam penyelenggaraan haji tahun ini.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak bisa hanya diam melihat amburadulnya penyelenggaraan ibadah haji 1444 H. Mulai dari keterlambatan transportasi hingga keluhan menu catering. 

"Menteri Agama harus bertanggung jawab atas kejadian-kejadian ini, harus dievaluasi total,” tegas Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (4/7).

Menurut Dosen Universitas Al-Azhar Indonesia ini, persoalan seperti ribuan jemaah sempat terlantar hingga keterlambatan distribusi konsumsi makanan dan minuman di saat jemaah kelelahan menjadi catatan serius yang harus dievakuasi ke depannya.

Termasuk, kata dia, soal kekurangan dan kelayakan tenda-tenda tempat istirahat para jemaah akibat manajemen yang amburadul, mutlak harus dievaluasi.  

“Apalagi ada dugaan rekrutmen panitia haji dari ormas tertentu. Ini juga jangan diulangi lagi, ini berbahaya dan menyakitkan bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Ujang.

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah dan DPR segera mengevaluasi Menag Yaqut secara menyeluruh.

“Perlu dievaluasi, dikritisi secara objektif dan konstruktif agar jabatan yang diembannya itu amanah. Itu yang paling penting,” pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA