Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Gelar Rapat Pleno Tetapkan Rekapitulasi DPT Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 02 Juli 2023, 11:52 WIB
KPU Gelar Rapat Pleno Tetapkan Rekapitulasi DPT Pemilu 2024
Ketua KPU Hasyim Asyari (tengah) saat memimpin rapat pleno/RMOL
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/7).

Rapat dihadiri oleh perwakilan Bawaslu, parpol, Kemendagri, Kemenlu, Kemenkumham dan lembaga terkait. Tujuannya, untuk menetapkan DPT yang telah disempurnakan dari daftar pemilih sementara oleh KPU di tingkat daerah.

"Kita bersama-sama akan melaksanakan salah satu kegiatan penting, yaitu menetapkan rekapitulasi DPT 2024,” kata Ketua KPU Hasyim Asyari di ruang sidang KPU, Jakarta, Minggu (2/7).

KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Serentak 2024 sebanyak 205.853.518 pemilih, dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS tingkat nasional, Selasa lalu (18/4).

Data DPS itu kemudian dimutakhirkan lagi menjadi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Kemudian dimutakhirkan lagi menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Hasyim melanjutkan, kewenangan menetapkan DPT dimiliki oleh KPU Kabupaten/Kota. Sementara untuk pemilih di luar negeri, dimiliki oleh PPLN. Adapun rekapitulasi DPT disingkat daerah, telah berlangsung sejak 20-21 Juni 2023.

"Setelah itu dilakukan rekapitulasi secara berjenjang oleh KPU Provinsi di provinsi masing-masing dan di tingkat nasional kita laksanakan hari ini" tandas Hasyim.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA