Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Dayak Tuntut Dilibatkan dalam Pembangunan IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 15 Juni 2023, 13:14 WIB
Masyarakat Dayak Tuntut Dilibatkan dalam Pembangunan IKN
Aksi unjuk rasa Masyarakat Adat Dayak di Jakarta/RMOL
rmol news logo Masyarakat adat Dayak menuntut janji Presiden Joko Widodo yang akan melibatkan putra-putri asli Pulau Kalimantan dalam pembangunan Ibukota Nusantara (IKN).

Sebagai bentuk kekecewaan, masyarakat adat Dayak di Jakarta menggelar aksi damai di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (15/6).

"Sudah satu tahun IKN dibangun, tidak ada keterwakilan dari masyarakat adat Dayak. Kami sangat kecewa dan kesal," kata juru bicara Majelis Adat Dayak Nasional, Lawadi Nusah.

Lawadi menceritakan, saat awal pembangunan IKN, masyarakat adat Dayak dibujuk-bujuk, hingga terbitlah UU No 3 Tahun 2023 tentang Ibu Kota Negara.

"Ini bukan semata-mata perjuangan Pak Jokowi mau pun orang yang saat ini duduk disana. Tanpa perjuangan orang adat Dayak yang ada di Senayan, tidak akan (proyek IKN berjalan)," sambungnya.

Masyarakat Dayak juga meminta Presiden mengevaluasi kinerja Kepala Otorita IKN terkait seleksi penerima jabatan deputy, direktur dan kepala biro pada struktur otorita IKN.

Mereka menilai, patut diduga sarat kepentingan, dengan menempatkan kroni-kroni pimpinan otorita IKN.

"Kami tetap senang IKN ada di sana, tapi libatkan kami! Jangan kami hanya jadi penonton," pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA