Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan AHY-Puan Maharani Momentum Rekonsoliasi Politik Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 11 Juni 2023, 19:50 WIB
Pertemuan AHY-Puan Maharani Momentum Rekonsoliasi Politik Nasional
Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani saat bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono tahun 2020 silam/Net
rmol news logo Setelah 20 tahun relasi politik PDIP dan Partai Demokrat renggang, elite PDIP Puan Maharani dan juga Sekjen PDIP Hasto Kristianto menyatakan membuka tawaran kerja sama dengan Partai Demokrat terkait Pemilu 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic), A. Khoirul Umam berpendapat, munculnya tawaran kerja sama PDIP dan Demokrat bisa menjadi momentum rekonsoliasi politik nasional.

Atas dasar itu, Umam menilai, rencana pertemuan Puan-AHY ini sangatlah produktif untuk kematangan demokrasi ke depan.

"Dimana kompetisi politik tidak lagi disulut oleh politik kebencian akibat dendam masa lalu," demikian kata Umam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (11/6).

Bagi Umam, sikap terbuka PDIP juga disambut positif oleh Sekjen Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya tentu akan meningkatkan nilai tawar Partai Demokrat yang belakangan ini dikunjungi semua simpul kekuatan politik, baik yang selama ini dinilai sebagai lawan maupun kawan.

Umam menambahkan, elite Partai Golkar, PKB, Partai Gerindra, hingga PDIP kini juga ikut mencoba mendekati Partai Demokrat.

"Artinya, gerbong politik nasionalis-religius yang direpresentasikan Partai Demokrat dianggap bisa menjadi game changer sekaligus penentu kemenangan di tengah ketatnya persaingan politik di Pilpres 2024," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA