Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masih Ada yang Menganggap Aib, Ketua KPU Minta Keluarga Disabilitas Terbuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 11 Juni 2023, 13:52 WIB
Masih Ada yang Menganggap Aib, Ketua KPU Minta Keluarga Disabilitas Terbuka
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari/RMOL
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen menghadirkan Pemilu 2024 yang ramah bagi penyandang disabilitas. Sarana dan prasarana tengah dipersiapkan.

Kepastian itu disampaikan Ketua KPU RI, Hasyim Asyari, saat ditemui Kantor Berita Politik RMOL, di Kantor Komnas HAM, Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6).

"Misalnya untuk tunanetra, saya kurang tahu persis istilah yang tepat apa, tapi secara umum sering digunakan itu, kita siapkan surat suara yang template huruf braille, supaya memudahkan memilih," katanya.

KPU juga meminta agar akses keluar masuk TPS sangat memungkinkan untuk penyandang kursi roda. Kemudian penempatan bantalan coblosan ketinggiannya disesuaikan.

Lebih lanjut Hasyim mengatakan, KPU kini fokus mendata pemilih disabilitas. Sayangnya tidak semua keluarga yang ditemui petugas berterus-terang jika ada anggota keluarga yang disabilitas, dengan beragam sebab.

"Jadi ada problem kultural, karena di masyarakat kita ini masih banyak yang menganggap aib kalau ada anggota keluarga menyandang disabilitas, sehingga informasi status disability-nya tidak disampaikan ke KPU," jelasnya.

Ia berharap semua terbuka. Pasalnya, data itu akan menjadi dasar untuk memproyeksikan lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Proyeksi lokasi TPS ini bakal menyesuaikan, sehingga pemilih disabilitas mudah mengakses.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA