Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Perbarui Fitur Sidalih untuk Optimalisasi Pendataan Pemilih Pemilu 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 31 Oktober 2022, 10:14 WIB
KPU Perbarui Fitur Sidalih untuk Optimalisasi Pendataan Pemilih Pemilu 2024
Anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos/Net
rmol news logo Pendataan pemilih Pemilu Serentak 2024 bakal dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggunakan aplikasi sistem pendaftaran pemilih (Sidalih). Saat ini Sidalih tengah dilakukan pembaruan fitur dari yang pernah dipakai [ada Pemilu Serentak 2019 lalu.

"Sebentar lagi Sidalih akan lebih baik hadir dengan pembaruan sistem yang mempermudah KPU melayani masyarakat menjaga hak pilihnya," ujar anggota KPU RI, Betty Epsilon Idroos, dalam keterangan tertulisnya, Senin (31/10).

Mantan Komisioner KPU DKI Jakarta ini pun mengurai tiga fokus kerja KPU dalam  Pengembangan dan Perumusan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024.

Pertama, tutur Betty, melakukan sinkronisasi DPB yaitu proses sinkronisasi DPT pemilu atau pemilihan terakhir yang telah dimutakhirkan secara berkelanjutan dengan data kependudukan antara KPU dengan Kemendagri sebelum penyerahan DP4.

Kedua, KPU menyiapkan Harmonisasi Dalam dan Luar Negeri. Betty menerangkan, harmonisasi sebagai pelaksanaan pemutakhiran data dan penyusunan daftar Pemilih di dalam dan luar negeri.

"Terakhir, Lokasi Khusus yaitu mengakomodir hak pilih semua pemilih yang dipastikan tidak berada di wilayah domisili administrasinya pada saat hari pemungutan suara," demikian Betty menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA