Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Baju Adat Dolomani dari Buton Jadi Pilihan Jokowi saat Upacara HUT ke-77 RI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 17 Agustus 2022, 10:27 WIB
Baju Adat Dolomani dari Buton Jadi Pilihan Jokowi saat Upacara HUT ke-77 RI
Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton saat upacara detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta/Repro
rmol news logo Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT RI) digelar di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (17/8).

Menariknya, inspektur upacara, Presiden Joko Widodo, mengenakan baju adat salah satu daerah.

Berdasarkan siaran langsung kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi nampak menggunakan pakaian adat Dolomani dari wilayah Buton, Sulawesi Tenggara.

Pakaian adat yang dikenakan Jokowi memiliki dua lapis. Lapis pertama atau bagian dalam bewarna putih. Sementara untuk lapisan kedua atau bagian luar tampak bewarna merah.

Tak cuma itu, pakaian adat Dolomani tersebut juag dilengkapi dengan penutup kepala yang mirip dengan peci bewarna merah dengan bordiran batik bewarna putih.

Di bagian bawah, terdapat sarung ornamen kotak-kota warna abu-abu bercampur hitam dan putih menutupi celana panjang bewarna merah yang dikenakan Jokowi.

Diselipkan pula senjata khas Buton pada sela-sela sarung yang dikenakan Jokowi tersebut. Sementara untuk sepatu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu nampak mengenakan pantofel bewarna hitam.

Jokowi memimpin Upacara Detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2022 yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Turut hadir dalam momentum ini Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Maruf Amin bersama sang istri Wury Estu Handayani, serta menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju hingga tamu undangan dari berbagai kalangan. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA