Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketum Parpol Koalisi dan Figur Terbaik Bangsa Sama-sama Bisa Nyapres di KIB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 04 Juni 2022, 14:21 WIB
Ketum Parpol Koalisi dan Figur Terbaik Bangsa Sama-sama Bisa Nyapres di KIB
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan/RMOL
rmol news logo Peluang mengusung calon presiden (capres) dari salah satu ketua umum partai politik (parpol) anggota koalisi dipastikan terbuka lebar di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, saat menginformasikan kegiatan Silaturahim Nasional (Silatnas) KIB yang akan digelar di Jakarta pada Sabtu malam (4/6).

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, mulanya menjelaskan bahwa seluruh pimpinan harian DPP dan ketua-ketua DPD/DPW tingkat Provinsi dari PAN, Partai Golkar, dan PPP bakal melakukan penandatanganan nota kesepahaman antarpartai koalisi.

Selain itu, masing-masing ketum partai akan menyampaikan pidato politiknya. Momen ini dipercaya akan menjadi salah satu penentu arah politik Indonesia menuju Pemilu 2024.

"Kita masih fokus bicara ide, koalisi ini koalisi gagasan. Saat ini kita memang belum berbicara di tahap siapa-siapa saja calonnya," ujar Zulhas dalam keterangan yang diterima Redaksi, Sabtu (4/6).

Terkait siapa capres atau cawapres yang akan diusung KIB dalam Pilpres 2024 mendatang, mantan Ketua MPR RI ini memastikan bahwa tiga parpol yang tergabung di dalam KIB belum mengunci nama.

"Semua pihak memiliki kesempatan yang sama. Baik Pak Airlangga, saya, Pak Harso, ataupun putera-puteri terbaik bangsa yang lain bisa dicalonkan oleh Koalisi Indonesia Bersatu ini," ungkapnya.

Mengenai peluang dirinya termasuk yang diusung KIB dalam kontestasi pilpres nanti, seperti Golkar yang mengajukan nama Airlangga Hartarto sebagai capres, Zulhas tidak menampiknya.

Meski begitu, ia menyatakan bahwa saat ini yang menjadi fokus koalisi adalah mendorong agar pemilu yang akan datang bisa diikuti oleh sekurangnya tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Semangat besarnya adalah menghindari polarisasi dan perpecahan, seraya membuka pintu selebar-lebarnya, menggelar karpet biru, kuning, dan hijau untuk siapapun putera-puteri terbaik bangsa yang ingin mengabdi kepada negaranya," demikian Zulhas.

Dalam acara Silatnas KIB malam nanti, dipastikan seluruh pimpinan DPW PAN dari 34 provinsi sudah berkumpul di Jakarta. Begitupun dengan Partai Golkar dan PPP.

Sekitar 200 undangan akan hadir di Hutan Kota Plataran, Jalan Jendral Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai petang nanti.

"Ini koalisi yang semarak. Koalisi Kuning, Ijo, Biru. KIB," timpal Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA