Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Relawan Memang Bisa Bikin Bersinar, Tapi Ganjar Tetap Harus Jadi Petugas Partai Yang Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 04 Juni 2021, 09:29 WIB
Relawan Memang Bisa Bikin Bersinar, Tapi Ganjar Tetap Harus Jadi Petugas Partai Yang Baik
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat bersama Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Daya ekspansi elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan semakin meluas seiring kemunculan dukungan dari kelompok relawan. Seperti relawan Ganjarist yang merupakan kependekan dari Ganjar Pranowo Menuju Indonesia Satu.

Direktur Esekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Jakarta, Nyarwi Ahmad mengatakan bahwa daya ekspansi Ganjar juga bisa makin meluas. Daya jelajahnya bisa melingkupi seluruh wilayah nusantara.

“Jadi tidak hanya terbatas di wilayah Jawa saja," ujar Nyarwi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (4/6).

Bahkan, kata Nyarwi, bukan hanya tingkat popularitas dan elektabilitas Ganjar yang potensial meningkat, melainkan daya tawar Ganjar sebagai salah satu sosok capres potensial 2024 juga bisa kian semakin mahal.

"Jika dukungan semacam ini terus mengalir, 'Ganjar akan makin bersinar’," kata Nyarwi.

Kendati demikian, Ganjar juga harus lebih hati-hati dalam menyikapi tuntutan relawan tersebut. Karena, seiring banjirnya dukungan relawan, loyalitas Ganjar kepada PDIP dan pimpinan partai juga kian diuji.

"Di tengah kondisi tersebut, Ganjar perlu terus menunjukkan dirinya sebagai ‘petugas partai’ yang baik. Dia juga perlu memaksimalkan kualitas komunikasi politik dengan internal dengan para kader PDIP dan juga DPP PDIP,” ujarnya.

“Kemampuan Ganjar dalam mengelola kedua hal tersebut akan menentukan sejauh mana dia memiliki peluang untuk dicalonkan dalam Pilpres 2024 mendatang," demikian Nyarwi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA