Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemuda Muhammadiyah Juga Bawa Misi Pemberdayaan Ekonomi Ke Pulau Seribu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 09 Januari 2017, 12:21 WIB
Pemuda Muhammadiyah Juga Bawa Misi Pemberdayaan Ekonomi Ke Pulau Seribu
rmol news logo Pemuda Muhammadiyah juga membawa misi pemberdayaan ekonomi umat dalam kunjungan kegiatan ke Kepulauan Seribu. Mereka telah melihat langsung keramba ikan dan berdialog dengan pemilik dan penjaga, termasuk bersama para nelayan.

"Tadi malam kami kumpulkan beberapa nelayan di Pulang Panggang di rumah Pak Soleh, salah satu tokoh masyarakat yang juga punya keramba ikan," jelas Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Masyhuri Mashuda, kepada Kantor Berita Politik RMOL (Senin, 9/1).

Dalam pertemuan tersebut, dia menjelaskan, pihaknya berjanji akan mensinergikan para nelayan dengan perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang ekspor ikan.

Salah satunya adalah PT. Kelola Mina Laut yang dimiliki Muhammad Najih, yang saat ini menjabat Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah.

Dia menjelaskan PT. Kelola Mina Laut merupakan perusahaan besar yang memenuhi permintaan ikan dari berbagai negara seperti Jepang, Taiwan, China, Korea Selatan, Amerika Serikat, Australia, Eropa, dan Timur Tengah.

"Beberapa nelayan ternyata juga sudah kenal PT KML. Jadi kami tinggal mensinergikan," ungkap Mashuri yang juga bergabung dalam Jaringan Saudagar Muhammadiyah ini.

Pihaknya akan meminta PT. Kelola Mina Laut melakukan pelatihan mulai dari teknologi budi daya ikan kerapu sampai ke pemasaran.

"Selama ini nelayan hanya sampai ke pengepul. Karena terkendala pemasaran. Jadi kita ingin memperpendek mata rantai distribusinya. Supaya nilai ekonomi lebih meningkat dan menguntungkan nelayan," demikian Masyhuri Mashuda.

Selain Masyhuri, turut sejumlah aktivis Pemuda Muhammadiyah lainnya. Di antaranya adalah Pedri Kasman, M. Iqbal, Ichsan Marsha dan Syamsul Bahri Nasution.

Mereka berada di Kepulauan Seribu untuk menghadiri acara Tabligh Akbar dengan tema "Bertadabbur Alquran" di Masjid Jami' Almakmuriyah, Pulau Pramuka.

Acara yang dimulai ba'da shalat zuhur ini digelar Pantia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Jami' Almakmuriyah bekerjasama dengan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Pemuda Muhammadiyah (Kokam), Irena Center dan didukung Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI).

Pengasuh Pondok Pesantren Darut Tauhid, KH Abdullah Gymnastiar; Wakil Ketua Umum MUI Pusat, KH Misbahul Anam; dan penceramah Ustadzah, Irene Handono akan menjadi penceramah utama.  [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA