Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jonan Mengejutkan, Netizen Sambut Baik Pelantikan Arcandra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 14 Oktober 2016, 22:58 WIB
Jonan Mengejutkan, Netizen Sambut Baik Pelantikan Arcandra
Jonan-Arcandra/Net
rmol news logo Setelah sempat hanya diisi Pelaksana Tugas alias Plt sejak 15 Agustus lalu, Presiden Joko Widodo akhirnya mengisi kursi Menteri ESDM secara defenitif.

Penunjukan para figur untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Arcandra Tahar karena kasus status kewarganegaraan terkesan mendadak, bahkan penuh kejutan.

Pasalnya, Presiden mempercayakan kursi tersebut kepada Ignasius Jonan, yang sebelumnya dicopot dari kursi Menteri Perhubungan. Sementara Arcandra diangkat jadi Wakil Menteri ESDM.

"Media memberikan apresiasi sekaligus keterkejutannya atas pelantikan yang mendadak ini," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang dalam keterangan persnya, Jumat (14/10).

Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence) mencatat, pemberitaan pelantikan Jonan dan Arcandra di 193 media online mencapai 827 berita hanya dalam waktu sehari (14/10) hingga pukul 20.00 WIB.

Menurut Rustika,  ketidakhadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla, tanggapan anggota DPR yang negatif, serta pelantikan yang dianggap mendadak karena tidak tercantum dijadwal resmi Presiden Jokowi membentuk sentimen negatif sebesar 13 persen.

Pelantikan Jonan dan Archandra juga mendapat perhatian netizen. Di media sosial, kata Rustika, pelantikan Archandra sebagai wakil menteri ESDM  itu direspons sebesar 2.264 cuitan. "Sentimen negatifnya sebesar 1,7 persen. Emosi yang menyertainya adalah joy dan anticipation," ungkap Rustika.

Rustika mengungkapkan, netizen mengekspresikan kegembiraannya atas pengangkatan kembali Archandra, meski berposisi sebagai wamen. Sementara anticipation-nya, kata dia, berasal dari cuitan yang dikutip drari pernyataan Menkumham soal kewarganegaraan.

"Sentimen terhadap Archandra ini terlihat mengalami perkembangan ke arah positif, di mana pada bulan lalu pada saat wacana Archandra akan dinaikkan sempat muncul tagar #tolakArchandratahar," papar Rustika. Respon negatif terhadap Archandra tidak muncul boleh jadi karena posisinya sebagai wamen, sehingga tidak memunculkan kontroversi.

Sementara itu, lanjut dia, Jonan direspons sebanyak 7.478 cuitan hingga pukul 8.30 wib. Sentimen negatifnya sebesar 7 persen. "Emosi yang mewarnai pelantikan Jonan lebih beragam, mulai dari joy, trust, surprise, anticipation dan disgust," tutur Rustika.

Menurut dia, anticipation di dalam konteks yang ditujukan pada Jonan lebih pada harapan netizen agar Jonan mampu menjaga amanah sebagai menteri ESDM. Emosi disgust diekspresikan dari pernyataan "gagal paham" netizen atas pengangkatan ini.

Unsur keterkejutan menjadi salah satu pemicu ekspresi netizen pada Jonan yang tiba-tiba diangkat kembali menjadi menteri, tanpa ada wacana yang dikembangkan sebelumnya.

Sementara itu, kata Rustika, emosi trust merupakan emosi terbesar hadir dari luapan kegembiraan netizen atas diangkatnya Jonan serta kepercayaan pada pilihan Jokowi bahwa dua figur yg keras kepala ini dianggap mampu untuk membereskan masalah di lingkup ESDM. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA