Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demokrat: Penyusunan Kabinet yang Begitu Lama Hasilnya Mengecewakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 28 Oktober 2014, 01:31 WIB
Demokrat: Penyusunan Kabinet yang Begitu Lama Hasilnya Mengecewakan
ketum demokrat, sby
rmol news logo Penggodokan nomenklatur kementerian dan nama-nama calon mentri yang dilakukan Tim Transisi Jokowi-JK telah menyita perhatian publik. Namun, sayang penyusunan kabinet yang begitu lama ternyata hasilnya kurang memuasakan.

"Dan kita sudah menyaksikan proses panjang yang telah dilakukan jokowi dan tim transisi menghasilkan deretan nama-nama mentri yang kurang ideal," jelas Sekretaris DPP Partai Demokrat Farhan Effendy dalam pesan singkat yang diterima RMOL (Senin, 27/10).

Sejak awal  memang sudah diduga, berdasarkan opini ICW saja Jokowi kurang transparan dalam membentuk dan menyusun kabinet. Itu artinya rakyat tidak memiliki preferensi secara terbuka.

"Dan kini, setelah kita baca dan simak bersama, komposisi menteri-menteri JKW-JK kurang mempertimbangkan seruan dan tuntutan publik," tekannya.

Farhan mengungkapkan, sejak hiruk pikuk politik di Parlemen mengemuka, Jokowi tampak panik dan mengubah haluan tentang skenario kabinet ramping juga janji tidak ada jatah kursi menteri parpol.

"Gertakan parlemenlah yang kami kira membuat ciut nyali jokowi. Begitu pula mungkin desakan Ketua Umum PDIP sebagai pengusung utama, sehingga nama bermasalah masih masuk.

Dengan kondisi tersebut, dia meragukan Kabinet Kerja Jokowi bisa bekerja effektif dan pemerintahan bisa berjalan tenang tanpa gaduh. Meski tidak ideal apalagi kabinet hebat, Kabinet Kerja ini sudah maksimal dari racikan yang dilakukan oleh Jokowi ditengah tarik menarik kepentingan parpol dan sponsor.

"Setelah melihat dan membaca susunan kabinet kerja Jokowi-JK, kami mengapresiasi dan memberikan penilaian positif. Tentu saja kita berharap dengan postur kabinet yang biasa dan pas-pasan ini Jokowi mampu menjadi teladannya. Yaitu memberikan konsep dan visi yang singkron dengan nawacita program andalan Jokowi-JK," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini rakyat akan melihat apa terobosan yang dilakukan para menteri Jokowi tersebut.

"Satu hal yang masih kami harap, apakah ada di antara menteri-menteri Jokowi yang punya keberanian membuat terobosan dan mengambil resiko demi kepentingan rakyat? Mari kita tuggu aksi mereka dengan tetap memberi dukungan dan masukan yang konstruktif," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA