Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Independensi Jokowi Diragukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 28 Oktober 2014, 00:38 WIB
Independensi Jokowi Diragukan
endang tirtana
rmol news logo Kabinet Kerja Joko Widodo yang dilantik masih menyisakan keraguan publik. Alasannya, mulai dari molornya pengumuman nama-nama menteri hingga pada masuknya figur-figur dinilai titipan atau kompromistis Jokowi dengan partai koalisi.

Peneliti Maarif Institute, Endang Tirtana, mengungkapkan, pada awalnya Jokowi berjanji kabinet yang akan dibentuk Jokowi adalah kabinet meritokrasi yang berisi para profesional, bukan transaksional.

Namun nuansa pembagian jatah parpol terlihat didalam struktur yang berisi 15 orang menteri dari parpol koalisi. Ini menunjukkan nuansa kompromistis Jokowi.

"Meskipun ada nama-nama profesional dari kalangan praktisi dan akademisi, masuknya nama-nama pengusaha menimbulkan pertanyaan mengenai potensi konflik kepentingan. Sekali lagi, ini menunjukkan bahwa hak prerogatif Pak Jokowi sebagai Presiden patut dipertanyakan," jelas Endang (Senin, 27/10).

Selain itu menurutnya, Jokowi harus mampu menepis keraguan publik mengenai label presiden boneka. Karena Endang sendiri ragu mengenai independensi Jokowi tersebut.

"Misal saja, salah satu dugaan publik soal keraguan atas independensi Jokowi adalah nama Maruarar Sirait yang awalnya ada dalam bursa menteri,tiba-tiba berubah detik-detik menjelang pembacaan nama-nama menteri," ungkapnya.

Hal itu menunjukkan  adanya signal intervensi yang lebih besar dari Jokowi.

"Walhasil, kita tunggu saja berani nggak Jokowi bertindak independen dan tegas tanpa ada intervensi dari partai koalisi jika memang menteri-menteri yang sekarang kinerjanya tidak bagus," demikian Endang Tirtana.[zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA