Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU Klaim Pemutakhiran DPT Transparan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/muhammad-q-rusydan-1'>MUHAMMAD Q RUSYDAN</a>
LAPORAN: MUHAMMAD Q RUSYDAN
  • Selasa, 22 Oktober 2013, 15:04 WIB
KPU Klaim Pemutakhiran DPT Transparan
ferry kurnia rizkiyansyah/net
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim sudah berusaha terbuka dan transparan dalam memberikan informasi mengenai pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) jelang pemilu 2014.

"Dalam konteks pemutakhiran data kita sudah sangat terbuka bagaiaman proses itu dilakukan walaupun banyak analisis yang berbeda. Dari mulai DAK2, DK4, DPS, DPSH hingga DPT menjadi rangakain yang bisa dipahami publik, mekanisme itu kami upayakan dengan baik," jelas anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah dalam diskusi 'Menjelang Penetapan DPT' di Gedung media center KPU, Jakarta, Selasa (22/10).

Jelas Ferry, di lapangan pihaknya menemukan data ganda dan anomali. Lebih lanjut, ia juga mengharapkan ada peran aktif dari masyarakat untuk membenahi DPT.

"Dengan segala kekurangan kami sudah berusaha optimal dan transparan. Kalau ada manipulasi segera informasikan. kami juga ingin dibantu untuk menyuguhkan data yang valid dan mutakhir," jelas Ferry.

"Kalau saya boleh berbangga ini aktifitas (penggunaan sistem informasi) yang baru pertama kali dalam pemilu di Indonesia. Pemilukada kita hanya bisa kroscek daftar di TPS, kalau sekarang ada di sistem informasi KPU, kita bisa men-trace data hingga ke TPS. Bahkan kalau mau bisa print out seluruh TPS dari seluruh Indonesia pun bisa," tambahnya. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA