Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Latma Rimpac 2024

Kopaska Tampil Memukau Berlatih Free Fall di Langit Hawaii

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 18 Juli 2024, 04:40 WIB
Kopaska Tampil Memukau Berlatih <i>Free Fall</i> di Langit Hawaii
Personel Kopaska TNI AL melakukan free fall di langit Hawaii, Amerika Serikat (AS)/Ist
rmol news logo Memasuki Minggu ketiga setelah dibukanya Latma Multilateral Rim Of Pacific (Rimpac) 2024, Pasukan Khusus TNI AL dalam hal ini Komando Pasukan Katak (Kopaska) berlatih Free Fall dengan US Navy SEAL, Korea, Japan, India dan Peru Special Force di langit Hawaii, Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (17/7), latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertempur prajurit TNI AL pada saat melaksanakan infiltrasi melalui udara sehingga dapat menunjang perencanaan dan pelaksanaan operasi tempur darat.

Latihan bersama ini bukan hal baru bagi personel Kopaska, US Navy SEAL, dan berbagai negara lainnya, karena TNI AL selalu mengirimkan tim pasukan khusus untuk latihan Operasi Peperangan Laut pada Latma Rimpac dari tahun ke tahun.

Selain free fall, Kopaska juga melaksanakan latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS) yakni pencarian, penyergapan dan pembebasan kapal yang dibajak, Fasterope yakni latihan untuk menurunkan pasukan dari helikopter menuju daratan menggunakan tali, pertempuran kota, infiltrasi pantai (Over The Beach), menembak sniper, laras panjang, dan pistol serta berbagai serial latihan lainnya yang dapat menunjang kemampuan tempur pasukan khusus berbagai negara tersebut.

Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan implementasi dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang menekankan bahwa setiap Prajurit Jalasena Samudera harus selalu berlatih agar sigap dalam menghadapi segala ancaman yang menghadang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA