Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Asrena KSAD: Masalah Energi Berpotensi Jadi Medan Konflik Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Kamis, 12 November 2015, 17:42 WIB
Asrena KSAD: Masalah Energi Berpotensi Jadi Medan Konflik Baru
rmol news logo Rasio kebutuhan dan ketersediaan energi dewasa ini sudah dalam taraf mengkhawatirkan. Pesatnya pertumbuhan manusia dan ekonomi secara global sewaktu-waktu dapat menjadi medan konflik baru dan bahkan meruncing.

Demikian dikatakan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KSAD, Mayjen TNI Wiryantoro NK dalam Seminar Forum Pendidikan Tinggi Elektro Indonesia (Fortei) 2015 di Aula lantai 4 Harris Hotel Pontianak, kemarin.

Wiryantoro menjadi narasumber dengan materi berjudul Peran TNI AD Guna Menghadapi Krisis Energi dalam Rangka Menjaga Kedaulatan NKRI
dalam diskusi yang diselenggarakan Fortei Universitas Tanjungpura Pontianak itu.

"Dalam rangka menghadapi krisis energi guna menjaga kedaulatan NKRI, sesuai dengan arah kebijakan dan strategi TNI, peran dan tugas TNI AD yang langsung bersentuhan adalah menjaga keamanan baik sumber energi atau obyek vital, distribusi energi, pengelolaan energi, melaksanakan pemberdayaan wilayah d iseluruh wilayah NKRI termasuk perbatasan darat dengan negara lain dan pulau-pulau terluar," paparnya.

Dalam implementasi di lapangan, kata Wiryantoro seperti diinformasikan Pendam Tanjungpura, fungsi dan keberadaan TNI AD di tengah masyarakat memegang kunci yang sangat vital. TNI harus bisa menjadi inovator, creator dan motivator serta dinamisator bersama rakyat dalam menjaga kelanggengan sumberdaya energi dan SDA.

"Bilamana Kementerian Pertahanan atau TNI secara bersama-sama dengan komponen bangsa lain berhasil melaksanakan pengelolaan energi nasional secara optimal, niscaya bangsa Indonesia mendapat kecukupan kekuatan untuk melakukan pencegahan dan penangkalan ancaman baik dari dalam maupun luar negeri sehingga keutuhan NKRI akan selalu terjaga," terang Mayjen Wiryantoro.[dem] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA