Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiongkok Belajar Pengamanan Pejabat ke Paspampres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 11 Juni 2014, 02:01 WIB
Tiongkok Belajar Pengamanan Pejabat ke Paspampres
rmol news logo Komandan Paspampres Mayjen TNI Doni Monardo bersama Wakil Komandan Paspampres Brigjen TNI (Mar) Guntur Irianto Cipto Lelono menerima kunjungan delegasi Tiongkok yang dipimpin oleh Mayjen Liu Laiyun, di Mako Paspampres Jalan Tanah Abang Jakarta Pusat, kemarin (Selasa, 10/6).
 
Kunjungan Mayjen Liu Laiyun beserta delapan stafnya, dalam rangka ingin mengetahui serta menerima penjelasan terkait pengamanan pejabat tinggi negara sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh personel Paspampres pada KTT Asean di Bali pada tahun 2013 lalu, khususnya untuk persiapan KTT Asean yang akan dilaksanakan di Beijing.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Asisten Operasi (Waasops) Paspampres Letkol (Inf) Prabowo Setiaji menjelaskan bahwa pasukan Paspampres bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung, jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden beserta keluarganya, serta tugas protokoler kenegaraan dan tugas pokok TNI.
 
"Pasukan pengamanan Presiden diberikan tugas dan tanggung jawab dari Panglima TNI ," terang katanya.

Disamping itu, Prabowo Setiaji juga menjelaskan pasukan pengamanan Presiden dibagi menjadi tiga ring yaitu, ring satu, dua dan tiga. Untuk Ring 1, Paspampres memiliki tugas dan tanggung jawab mengamankan Presiden langsung dibawah Komandan Paspampres. Sedangkan Ring 2 bertugas untuk mengamankan wilayah yang membawahi Satgas Laut, Satgas Daerah, dan Satgas Wilayah Udara. Sementara itu, untuk Ring 3 melaksanakan tugas dengan satgas tersebut dan  bertanggung jawab kepada Panglima TNI.
 
"Paspampres dalam melaksanakan tugasnya juga meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan profesionalisme diantaranya kesamaptaan, sehingga mendapat penilaian yang baik," demikian Prabowo.
 
Selain itu, Waasops Paspampres juga menjelaskan tentang alat peralatan Paspampres antara lain rompi anti peluru, satu set airphon, teropong malam, dan blangket bomb. Sedangkan pakaian disesuaikan dengan kegiatan VVIP seperti Pakaian Sipil Lengkap (PSL), Batik, Olahraga dan Pakaian Dinas Harian Sipil (PDHS).

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA