Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jenderal Moeldoko: Jangan Samakan Babinsa dengan Boneka!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 08 Juni 2014, 15:12 WIB
rmol news logo Bintara Pembina Desa (Babinsa) juga manusia. Mereka bukan boneka yang jika tidak disukai masuk ke lemari, bukan pula hantu yang harus ditakuti apalagi malaikat yang tak pernah luput berbuat salah.

Oleh karena itu, Panglima TNI, Jenderal Moeldoko memaklumi jika ada anggotanya itu berbuat kesalahan dalam bertugas.

"Dia adalah manusia yang mempunyai naluri, pikiran dan tanggung jawab dalam melakukan tugasnya," terang Moeldoko saat konferensi pers di Base Ops Lapangan Udara Halim, Jakarta Timur, Minggu (8/6).

Namun demikian, sebagai bagian dari aparat keamanan tanah air, Moeldoko menegaskan, Babinsa tidak selayaknya melakukan penyimpangan.

"Jangankan Babinsa, perwira seperti Dandim (Komandan Kodim) atau Panglima sekalipun akan dicopot jika melakukan penyimpangan saat bertugas," terangnya.

Moeldoko lantas memberi saran langkah-langkah kepada masyarakat jika menemukan ada anggota Babinsa bertindak menyimpang dari aturan. Pertama, potret oknum itu atau cari bukti penguat lainnya. Kalau tidak segera menemukan kamera, handphone atau media penangkap gambar lainnya, tahan oknum sampai ketemu alat itu.

Langkah selanjutnya melaporkan tindak penyelewengan disertai foto wajah oknum bersangkutan kepada atasannya.

"Itu adalah cara yang baik, jangan mengembangkan isu semerawut seperti sekarang ini," ujar Moeldoko seraya menambahkan bahwa Babinsa bukanlah milik perorangan atau parpol, melainkan milik seluruh masyarakat Indonesia.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA