Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polri: Teroris Anton Eksekutor Bom Vihara Ekayana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 02 Januari 2014, 16:23 WIB
Polri: Teroris Anton Eksekutor Bom Vihara Ekayana
Boy Rafli Amar/net
rmol news logo Kepolisian memastikan buronan teroris Anton alias Septi (25) yang ditangkap Selasa (31/12) lalu di Banyumas Jawa Tengah adalah eksekutor peledakan bom Vihara Ekayana Jakarta Barat.

Selain itu, kata Karo Penmas Polri Brigjen Boy Rafli Amar, Anton juga merupakan perencana aksi teror terhadap anggota polisi di Pondok Aren, Tangerang Selatan.

"Eksekutor langsung peletak bom di Vihara Ekayana," ujar Boy di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (2/12).

Dia menjelaskan, adalah Anton bagian dari kelompok terduga teroris yang digerebek di sebuah rumah kontrakan di Jalan KH Dewantoro, Gang Haji Hasan RT 04/07 Kampung Sawah, Ciputat hingga menewaskan enam orang. Kelompok ini menargetkan beberapa Vihara di Jakarta dan sekitarnya sebagai sasaran teror terkait isu etnis muslim Rohingya di Myanmar.

"Ini memang berkaitan dengan isu Rohingya. Itu menjadi inspirasi mereka untuk melakukan aksi melakukan penyerangan dan mejadikan Vihara sebagai target," jelas Boy.

Meski tak menyebut Anton sebagai pimpinan dari kelompok Ciputat, Boy memastikan Anton memiliki peran dominan dalam kelompoknya yang tergabung dalam jaringan teroris Abu Roban, dan berafiliasi dengan jaringan Santoso di Poso.

"Dia (Anton) ahli dalam perakitan bom, dia juga sebagai pelaksana dan perencana juga. Cukup dominan perannya Anton. Nanti akan kita pastikan kepastiannya, kita perlu kepastian lebih lanjut," demikian Boy. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA