Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

7 Medali Emas Antarkan Jatim Juara Umum Wushu PON XXI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 16 September 2024, 15:57 WIB
7 Medali Emas Antarkan Jatim Juara Umum Wushu PON XXI
Tim Wushu Jawa Timur sukses menjadi juara umum cabor PON XXI Aceh-Sumut 2024/Dok Kemenpora
rmol news logo Dominasi atlet-atlet Jawa Timur di cabang olahraga wushu pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 tak bisa dibendung. Total, mereka mengoleksi 7 medali emas, 9 perak, dan 9 perunggu dari 29 nomor yang dipertandingkan di Gedung Serbaguna Disporasu, Deli Serdang, Sumatera Utara, 12-15 September 2024.

Jawa Timur pun keluar sebagai juara umum wushu di PON XXI Aceh-Sumut 2024. 

Kepastian Jatim menjadi juara umum wushu terjadi saat pertandingan final terakhir yang berlangsung pada Minggu (15/9). Jawa Timur menyabet dua emas sekaligus. Yaitu dari nomor duilian putra (Akbar Dwi/Nicholas Karanka/M Zaki) dan duilian putri (Natalie Tanasa/Benedicta Rafaella). 

“Secara keseluruhan Jawa Timur dapat tujuh emas dari cabang olahraga wushu. Kita menjadi juara umum,” ucap pelatih Tim Wushu Jatim, Sherlie, dikutip dari laman Kemenpora, Senin (16/9). 

“Sebenarnya juara umum ini adalah bonus buah dari kedisiplinan dan perjuangan atlet. Tak menyangka juga bisa dapat ini. Kita patut bersyukur,” sambungnya. 

Sementara peringkat kedua ditempati tuan rumah Sumatera Utara (Sumut) yang mengoleksi 7 medali emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Sumut yang juga menampilkan 7 atlet di final sanda hanya mendapat 3 medali emas. Masing-masing lewat Freddy Sinaga (kelas 52 kg), Samuel Marbun (kelas 56 kg), dan Harry Brahmana (kelas 70kg) putra.

Diikuti oleh Jawa Tengah dengan koleksi 7 emas, 3 perak, dan 3 perunggu di tempat ketiga. Lalu Jakarta menempati posisi keempat dengan mengantongi 6 emas, 4 perak, dan 1 perunggu.

Namun demikian, Jateng tetap merajai di nomor Sanda dengan meraih 6 medali emas dari 7 atletnya yang tampil di final. Yaitu disumbangkan Bayu Peni Peni Hendraswari di kelas 48 kg putri, Tharisa Dea Florentina di kelas 52 kg.

Lalu, Gita Ariesta di kelas 56 kg putri, Thania Kusumaningtyas di kelas 60kg putri, Yusuf Widiyanto di kelas 56 kg putra, dan Puja Riyaya di kelas 75 kg putra. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA