Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bilquis Mir dari Jammu-Kashmir, Wanita India Pertama yang Jadi Juri Olimpiade

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 08 April 2024, 01:41 WIB
Bilquis Mir dari Jammu-Kashmir, Wanita India Pertama yang Jadi Juri Olimpiade
Bilquis Mir, dari Jammu dan Kashmir, India. Wanita pertama dari India yang jadi wasit Olimpiade.
rmol news logo Namanya Bilquis Mir. Dari Jammu dan Kashmir, India. Bila tidak ada aral melintang, dia akan menjadi wanita pertama dari India yang menjadi anggota juri di Olimpiade Musim Panas tahun ini, yang akan diselenggarakan di Paris mulai 26 Juli hingga 11 Agustus.

Penunjukan Gir sebagai juri Olimpiade Paris secara resmi disampaikan melalui surat Asosiasi Olimpiade India (IOA) kepada pemerintah Jammu dan Kashmir.

“Bilquis Mir yang dikenal sebagai promotor olahraga air, pengembang, atlet, anggota juri dari asosiasi Kayak dan Kano India telah dinominasikan sebagai anggota juri untuk memimpin pertandingan Olimpiade Paris. Dia adalah orang pertama dari India yang ditunjuk sebagai juri anggota di Olimpiade Paris," kata IOA dalam suratnya kepada pemerintahan Jammu dan Kashmir.

Terkesima dengan penunjukannya sebagai anggota juri Olimpiade Musim Panas, yang dianggap sebagai puncak olahraga, Bilquis mengatakan itu seperti mimpi yang menjadi kenyataan baginya karena Olimpiade adalah 'tujuan akhir' bukan hanya bagi para atlet tetapi juga bagi para atlet. promotor olahraga seperti dirinya.

Bilquis memulai perjalanannya sebagai pemain kano dari Danau Dal pada tahun 1998 dan kemudian mewakili negara di negara tersebut.

Dia mengatakan bahwa dia adalah mantan pelatih tim kano putri yang akan mewakili India di Olimpiade Paris tahun ini, dan menambahkan bahwa dia juga menjadi anggota juri pada Asian Games tahun lalu di Hangzhou, Tiongkok.

Mengingat hari-hari sebelum pencabutan hak konstitusional di negara bagian Jammu dan Kashmir berdasarkan Pasal 370, dia mengatakan sangat sulit bagi seorang gadis Kashmir untuk berolahraga pada masa itu, namun dia mulai bermain kano dengan sungguh-sungguh, bernegosiasi, dan mengatasi banyak tantangan.

Bilquis juga mengatakan bahwa dia menemukan panggilan sejatinya sebagai pemain kano, yang merupakan olahraga yang belum pernah terdengar di Jammu dan Kashmir pada saat itu, dan kemudian mewakili negara tersebut di kejuaraan dunia.

“Ini adalah momen yang membanggakan bukan hanya bagi saya atau UT Jammu dan Kashmir tetapi seluruh negeri. Saya menganggap suatu kehormatan untuk mewakili negara saya sebagai anggota juri bergengsi di Olimpiade Paris,” ujarnya pada ANI.

“Saya juga pernah menjadi anggota juri di Olimpiade Paris. Asian Games Hangzhou. Ini bukan hanya momen kemenangan bagi saya, tapi semua anak perempuan atau perempuan yang bercita-cita berprestasi dalam olahraga. Hanya dua anggota juri dari Asia yang dipilih kali ini (untuk Olimpiade Musim Panas), dan satu lagi adalah dari Jepang," sambungnya.

Bilquis lulus ujian untuk menjadi anggota juri di acara olahraga terkemuka pada tahun 2008 dan mendapat pujian atas perilaku dan penampilannya di panel pada Asian Games Hangzhou tahun lalu.

Berterima kasih kepada orang tuanya, anggota keluarga dan simpatisan, yang mendukungnya selama ini, Bilquis berkata, "Saya memulai karir saya sebagai pemain kano pada tahun 1998 dari Danau Dal, ketika mengenakan pakaian olahraga merupakan tantangan bagi seorang gadis. Saya mewakili UT di acara nasional selama 12 tahun sebelum tampil untuk negara saya di kejuaraan dunia.”

“Saya bahkan menjadi pelatih tim nasional (wanita) selama 10 tahun. Saya lolos untuk ujian ini pada tahun 2008, di Jerman, di mana saya terpilih sebagai juri terbaik kedua,” demikian Bilquis. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA