Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MTQ Nasional ke-30

Jokowi: Masyarakat Butuh Pegangan Moral

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 09 September 2024, 03:40 WIB
Jokowi: Masyarakat Butuh Pegangan Moral
Presiden Joko Widodo memukul beduk tanda dibukanya MTQ Nasional ke-30 di Samarinda, Kalimantan Timur/Ist
rmol news logo Masyarakat sekarang ini butuh pegangan moral yang kuat, yaitu agama. Karena itulah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) sangat penting.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat membuka penyelenggaraan MTQ Nasional ke-30 di Stadion Gelora Kadrie Oening, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu malam (8/9).

"Melalui MTQ ini tidak hanya kemampuan dan keindahan membaca Al-Qur'an tetapi juga momentum mengagungkan Al-Qur'an, membumikan ajaran-ajaran Al-Qur'an, memperkuat moral dan spiritual bangsa dalam sendi-sendi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dan bernegara," kata Jokowi.

"Melalui MTQ ini, kita mengedukasi diri kita sendiri untuk mencintai Al-Qur'an, beragama secara humanis dan terbuka. Menyempurnakan ahlak bangsa, hidup dalam kebersamaan, kerukunan dan persatuan untuk membangun kemajuan bangsa dan negara kita," sambungnya. 

Kepada para qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, mufassir dan mufassirah, Jokowi berharap dapat menampilkan kemampuan terbaiknya, membangun ahklak qurani untuk kemajuan rakyat Indonesia.

"Selamat mengikuti MTQ, semoga keikutsertaan saudara memberi manfaat dan kemaslahatan dalam mengembangkan syiar Islam dan kecintaan kepada nilai-nilai kemanusiaan dan kepada bangsa dan negara Indonesia," pungkas Jokowi. 

Pembukaan MTQ diawali dengan defile kafilah yang mengenakan baju adat provinsi masing-masing. MTQ ke-30 Tahun 2024 ini diikuti oleh 1.998 peserta terdiri dari 1.567 peserta inti dan 431 cadangan.rmol news logo article





Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA