Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Warga Kawasan Borobudur Saksikan Kirab Waisak 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Jumat, 24 Mei 2024, 07:22 WIB
Ribuan Warga Kawasan Borobudur Saksikan Kirab Waisak 2024
Iring-iringan peserta kirab pada puncak perayaan Waisak 2568 BE/2024, disambut antusias ribuan warga kawasan Candi Mendit hingga Borobudur/RMOLJateng
rmol news logo Iring-iringan peserta kirab pada puncak perayaan Waisak 2568 BE/2024, disambut antusias ribuan warga. Sejak tengah hari mereka sudah berdiri, menunggu peserta kirab, di pinggir jalan yang dilalui.

Kirab merupakan rangkaian puncak peringatan Tri Suci Waisak yang dipusatkan di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB).

Dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (24/5), dari Candi Mendut, rombongan kirab dilepas Dirjen Bimas Buddha, Kementerian Agama, Supriyadi Suriadarna.

Umat yang menjadi peserta, harus berjalan 5 kilometer dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.

Kirab diawali marching band, diikuti kelompok pembawa bendera Perwalian Umat Buddha Indonesia (Walubi), disusul pasukan bendera Sangha (Majelis Buddha), dan mobil hias pembawa api dharma dan air suci.

Warga yang berjajar kanan kiri jalan menyambut antusias dengan berteriak dan tertawa gembira, saat menerima percikan air berkah dari para biksu di atas mobil.

Di belakang mobil pembawa api dharma dan air berkah, ada barisan umat pembawa bunga melati dan relik Buddha. Ada juga kelompok pembawa hasil bumi, serta Garuda Pancasila.

Selanjutnya seluruh peserta kirab memasuki kompleks TWCB melalui pintu 2. Para biksu pun naik ke struktur Candi untuk memanjatkan doa.

Tradisi kirab merupakan gerakan bersama dalam bermeditasi, sekaligus prosesi religius bagi umat Buddha.

Kirab itu memiliki makna mengenang perjalanan ritual Sang Buddha Gautama dalam mengajarkan Dharma ke seluruh pelosok.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA