Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masuk Musim Penghujan, BPBD Lambar: El Nino Belum Selesai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 09 November 2023, 08:39 WIB
Masuk Musim Penghujan, BPBD Lambar: El Nino Belum Selesai
Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat Abdulah Kodri/RMOLLampung
rmol news logo Wilayah Kabupaten Lampung Barat beberapa akhir pekan ini, sudah mulai mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat, Padang Priyo Utomo, melalui sekretarisnya Abdulah Kodri, mengatakan, hingga saat ini BMKG belum menyampaikan bahwa fenomena Elnino belum selesai.

"Jadi untuk kondisi Lampung ini, iklimnya sudah mengarah ke musim penghujan tapi belum sepenuhnya, terkait dengan itu bukan berarti katakanlah El Nino sudah cabut (pergi)," ujar Abdullah dikutip Kantor Berita RMOLLampung, Kamis (9/11).

Dia menyebutkan, perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa wilayah Lampung sudah memasuki musim lembab yakni panas disertai hujan.

"Wilayah Lampung Barat inikan sifatnya moderat ya, jadi curah hujan nya juga sudah mulai hujan mengarah apalagi menjelang sampai bulan Desember sudah mulai ke arah sana," sebutnya.

"Artinya El Nino sendiri belum cabut, tetapi untuk wilayah Lampung Barat berdasarkan peta tingkat mudah terbakar untuk di lapisan atasnya itu sudah low (aman) karena sudah mengarah ke musim basah," terusnya.

Kemudian Abdulah menjelaskan, lapisan tanah yang ada di kabupaten Lampung Barat dapat dikategorikan aman.

"Karena sebelum-sebelumnya itu dampak kebakaran lahan itu disebabkan oleh pengaruh manusia nya karena untuk meminimalisir dana untuk pembukaan lahan," jelasnya.

Abdulah membeberkan, wilayah Lampung Barat merupakan wilayah yang memiliki iklim moderat yang artinya sudah ada curah hujan walaupun tidak merata.

"Walaupun secara umum ya kita setingkat kabupaten-kabupaten lain yang ada di Provinsi Lampung yang lebih cenderung katakanlah kemarau tapi kita masih diselingi hujan," katanya.

Terakhir, dia berharap kepada masyarakat Lampung Barat agar lebih berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebab perubahan iklim ini dapat berdampak pada kesehatan.

"Karena antisipasi hal tersebut juga untuk menghidupkan dari dampak itu sendiri sehingga masyarakat harus memiliki persiapan lebih matang," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA