Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satgas Tutup Enam Usaha Stockpile Batu Bara di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 17 September 2023, 09:11 WIB
Satgas Tutup Enam Usaha <i>Stockpile</i> Batu Bara di Jakarta
Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati/Ist
rmol news logo Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati menyampaikan, terdapat penambahan perusahaan yang ditertibkan berupa penghentian sementara hingga perusahaan tersebut mampu memenuhi aturan pengelolaan lingkungan.

Menurut Ani, hingga kini terdapat enam perusahaan stockpile batu bara yang ditertibkan, baik oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, lanjut Ani, sebanyak tiga perusahaan juga telah dilakukan legal sampling pengukuran emisi cerobong dan saat ini telah dilakukan penyegelan karena belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Pemprov DKI sejak 21 Agustus terus secara intens melaksanakan beberapa upaya yang tujuannya adalah mengupayakan percepatan dari perbaikan udara di Jakarta," kata Ani dikutip Minggu (17/9).

Tidak hanya itu, kini pihak swasta juga mulai menggunakan water mist di atas gedung masing-masing. Sebelumnya, gedung pemerintahan, baik di tingkat Provinsi dan Kota Administrasi, telah lebih dulu melakukan hal serupa.

Tercatat ada 11 gedung swasta yang menggunakan water mist di atas gedung. Di Jakarta Pusat ada Menara Astra; Jakarta Utara ada tiga, yaitu PT Kencana Unggul Sukses, PT PLN Jawa Bali, dan Apartemen Green Lake Sunter; Jakarta Barat ada tiga gedung, yaitu LTC Glodok, Harco Glodok, dan Pantjoran China Town.

Lalu, di Jakarta Timur ada empat gedung yang telah memasang water mist, yaitu Gedung PT Pama Persada, United Tractor lantai 8 dan lantai 10, PT Suhu Global Health, dan PT Waskita Raja Tower.

Diharapkan, sesuai anjuran dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, seluruh gedung-gedung yang ada di Jakarta memasang water mist untuk menurunkan tingkat polusi.

Upaya lainnya adalah penyiraman jalan-jalan protokol yang dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta yang hingga saat ini masih berlangsung.

Berdasarkan data, sudah 215 lokasi yang disiram, melibatkan 270 mobil dan personel sekitar 800 orang.

"Penyiraman jalan ini akan kami lakukan secara paralel hingga jumlah gedung yang telah terpasang water mist semakin bertambah," kata Ani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA