Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teringat Acara 7 Harian Anak, Seorang Jemaah Calon Haji Asal Kediri Memilih Pulang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 07 Juni 2023, 01:58 WIB
Teringat Acara 7 Harian Anak, Seorang Jemaah Calon Haji Asal Kediri Memilih Pulang
Jemaah calon haji asal Jawa Timur, Salami, membatalkan berangkat ke Tanah Suci karena ingat 7 harian mendiang anaknya/RMOLJatim
rmol news logo Salah satu jemaah calon haji kloter 32 asal Kota Kediri, Jawa Timur, mendadak minta pulang ke rumah. Jemaah bernama Salami itu mengurungkan niatnya untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

Padahal, warga Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, itu sudah menunggu antrean haji selama 10 tahun. Saat berada di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, tiba-tiba Salami meminta pulang.

Setelah pulang ke rumahnya di Bandar Kidul, Salami pun mengajukan surat penundaan keberangkatan.

Menurut keterangan keluarga, Salami yang mengalami demensia ini teringat dengan acara 7 harian anaknya yang meninggal dunia, hingga akhirnya memaksa ingin pulang saat hendak diberangkatkan ke Tanah Suci.

Anak Salami, Khoirul Anam mengatakan, ibunya sejak dua tahun belakangan sudah sering kehilangan ingatan. Bahkan ia sudah tidak bisa mengingat apa yang terjadi di Asrama Haji Surabaya hari ini.

"Ibu memang sering kehilangan ingatan atau lupa. Hari ini saja, beliau tidak ingat kalau beliau ini sudah mendaftar naik haji," Kata Khoirul kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (6/6).

Khoirul menambahkan, sang ibu mendaftar haji pada 2011 bersama ayahnya. Karena sang ayah meninggal dunia, akhirnya berangkat bersama salah satu adiknya.

Sebuah video yang memperlihatkan seorang jemaah calon haji bernama Salami minta pulang saat sudah berada di Asrama Haji Surabaya viral di media sosial. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, Salami dinyatakan mengalami demensia atau lupa dan akhirnya dibawa pulang oleh keluarga. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA