Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Punya Total 30 Ribu Relawan Covid-19, Apa Saja Yang Dikerjakan?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 07 April 2020, 15:07 WIB
Pemerintah Punya Total 30 Ribu Relawan Covid-19, Apa Saja Yang Dikerjakan?
Koordinator Komunikasi Relawan penanganan Covid-19/Repro
rmol news logo Penanganan pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang dilakukan pemerintah akan dibantu oleh total 30 ribu relawan dari unsur masyarakat. Mereka mendaftar melalui sejumlah lembaga pemerintahan.

Koodinator Komunikasi Relawan Gugus Tugas Joanes Joko menjelaskan, puluhan ribu relawan itu dikumpulkan dari tiga lembaga pemerintahan, yakni Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Dari gugus tugas 17 ribu, dari Kemendikbud sudah bergabung 15 ribu, dan dari BUMN. Secara keseluruhan database itu kurang lebih 30 ribuan relawan," tutur Joanes Joko dalam jumpa pers di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (7/4).

Nantinya, 30 ribu relawan itu akan disebar ke seluruh wilayah di Indonesia yang membutuhkan perbantuan relawan. Namun untuk kepastian datanya, gugus tugas masih menunggu konfirmasi dari setiap gugus tugas daerah, dan juga seluruh rumah sakit rujukan penangan Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

"Bagaiamana kebutuhannya? Kita sedang menunggu informasi dari teman-teman yang bergerak di sarana kesehatan maupun di fasilitas kesehatan, dan dari teman-teman satgas daerah," terang Joanes Joko.

"Relawan-relawan yang seperti apa yang dibutuhkan, kriterianya seperti apa, dan juga semua itu berjalan dan melangkah sesuai protokol yang sudah dipersiapakan," sambungnya.

Untuk pola kerja yang akan dijalankan para relawan ini, Joanes Joko menyebutkannya. Pertama, untuk tenaga medis akan ikut serta dalam penanganan tekhnis pemeriksaan Covid-19. Kedua, bagi petugas nin medis terbagi menjadi dua, yakni pemeberdayaan dan sosialisasi masyarakat.

"Relawan ini bukan hanya permasalahan mengenai penanganan covid, tapi bagaimana kia bisa antisipasi terhadap dampak yang dilami masyarakat. Mulai dari pekerja informal, pengemudi ojek online, dan dari sektor usaha hari ini sedang mengalami hambatan yang cukup besar," kata Joanes Joko.

"Relawan akan digerakan untuk menggalang rasa solidaritas dan gotong royong dilingkungan yang paling dekat," tambahnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA