Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua Umum PBNU Minta Stafsus Tuntaskan Masalah Lahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 05 Desember 2019, 06:21 WIB
Ketua Umum PBNU Minta Stafsus Tuntaskan Masalah Lahan
Aminuddin Ma'ruf/Net
rmol news logo Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj berharap Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo (Jokowi), Aminuddin Ma'ruf, bisa membantu menuntaskan masalah lahan pertanian yang kerap terjadi.

Menurut Said Aqil, persoalan tanah adalah masalah nasional yang harus segera dibenahi.

"Persoalan tanah, Mas Stafsus, ini masalah nasional. Setiap hari saya membaca bertumpuk-tumpuk pengaduan soal lahan dan itu mayoritas warga kita, warga desa," kata Said Aqil dalam Sarasehan Nasional Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Jakarta, Rabu malam (4/12).

Menurutnya, negara tak boleh cuma memberi bantuan kepada para konglomerat tetapi juga berpihak kepada rakyat terutamanya warga desa.

"Jangan sampai keberpihakan kita total hanya kita berikan kepada konglomerasi. Berpihaklah pada masyarakat, kepada warga desa," ujarnya.

Aminuddin, yang pada acara itu menjadi pemateri, memaparkan permasalahan yang menjadi tupoksinya sebagai stafsus. Ia juga memaparkan rencana kerja pemerintah. Pemerintah saat ini tengah bekerja keras untuk mengurangi kesenjangan lewat program yang berdampak pada ekonomi warga.

"Kami sedang merumuskan bersama Kementerian Koperasi dan UMKM dalam hal upskilling UMKM dari hulu sampai hilir, intensifikasi dan ekstensifikasi produk UMKM," ucap Aminuddin.

Dia juga menyebut pemerintah memiliki program strategis untuk redistribusi aset demi mendukung pertanian rakyat. Menurutnya, potensi lahan yang ada akan dimaksimalkan untuk meningkatkan hasil pertanian.

"Program strategis pemerintah soal redistribusi aset bisa menjawab persoalan ekonomi di pedesaan. Semua potensi lahan dan sumber daya alam akan dimaksimalkan untuk meningkatkan ekspor dan menghasilkan komoditi atau produk substitusi impor. Di sinilah pesantren, desa dan UMKM akan memiliki peranan yang sangat strategis," tutur Aminuddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA