Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan gangguan itu terjadi sejak Kamis, 8 Februari 2018 pukul 15.45 WIB.
Upaya recovery layanan telah dilakukan dengan mengaktifkan rute alternatif dan link satelit. Untuk wilayah Fakfak, layanan telekomunikasi telah kembali normal mulai pada hari ini (Jumat, 9/2), pukul 07.20 WIB, melalui rute alternatif Fakfak-Ambon.
Sementara itu, layanan telekomunikasi untuk wilayah Timika dan Nabire telah kembali normal pada pukul 08.20 WIB menggunakan link satelit, meskipun dengan kapasitas terbatas.
Khusus untuk wilayah Kaimana yang mengalami penurunan kualitas layanan telekomunikasi karena menggunakan link satelit existing akan segera normal pada hari ini.
Untuk wilayah Merauke, sampai dengan saat ini pukul 12.00 WIB, masih diupayakan pengaktifan link satelitnya.
Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan pelanggan.
"Sehubungan dengan terjadinya gangguan kabel laut di wilayah Papua sejak kemarin, Telkom menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini, khususnya pelanggan yang terkena dampak gangguan," kata Arif Prabowo.
Saat ini Telkom terus melakukan upaya mitigasi maksimal untuk menangani dan menyelesaikan gangguan tersebut agar layanan TelkomGroup dapat kembali normal.
[rus/***]
BERITA TERKAIT: