Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa Nias Terasa Kuat, Warga Berhamburan Keluar Rumah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 02 September 2016, 07:51 WIB
rmol news logo Dampak gempa bumi berupa guncangan pagi dini hari tadi cukup kuat dirasakan di Pulau Nias Selatan, Pulau Pini, dan Kepulauan Batu, Sumatera Utara, berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan, Guncangan cukup kuat juga dirasakan di beberapa daerah di pesisir barat Sumut, seperti di Batahan, Natal, Muarasoma, Singkuang, Muaraupu, Banjarpigogah, Airbangis, dan Sikarbau pada skala intensitas II SIG BMKG (II-IV MMI).

Karena itu, banyak warga setempat terkejut kemudian terbangun dari tidurnya. Beberapa diantaranya bahkan sempat berusaha lari keluar rumah akibat guncangan cukup kuat yang terjadi dengan tiba-tiba.

"Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempabumi," katanya lewat tulisan yang diunggah @infoBMKG, akun Twitter BMKG‏, pagi ini.

Hasil monitoring BMKG, katanya menambahkan, hingga saat ini belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu masyarakat pesisir barat Sumut, Pulau Nias, Pulau Pini, dan Kepulauan Batu dihimbau agar tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Wilayah Pesisir Barat Sumut, Pulau Nias, Pulau Pini, dan Kepulauan Batu, diguncang gempabumi tektonik pagi dini hari tadi. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pukul 03.04.17 WIB dengan kekuatan M=5,5.

Pusat gempa bumi terletak pada 0,54 LU dan 98,47 BT, tepatnya di laut pada jarak 68 km arah barat Natal Sumatera Utara pada kedalaman 47 km. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA